www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Tuesday, 20 August 2019
anjing rabies
sumber: www.kompasiana.com

Kecuali Mentawai Sumbar Endemik Rabies

Kamis, 11 Agustus 2016

Padang — Sumatera Barat daerah endemik rabies. Dari Januari hingga Juli 2016 sebanyak 49 kasus positif rabies terjadi merata di 18 kabupaten/kota, kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepala Bidang Bina Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Sumatera Barat, M. Kamil mengatakan, karena wilayah endemik, daerah ini belum sepenuhnya terbebas dari rabies.

Hanya saja jumlahnya bisa diperkecil melalui cara masyarakat memiliki kesadaran untuk ikut mencegah penyebaran virus.

Disebut M. Kamil, pencegahan rabies mesti dilakukan. Terutama oleh mereka yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan musang.

“Gigitan ketiga hewan tersebut bisa memicu menyebarnya virus rabies. Karenanya bagi masyarakat yang memelihara ketiga jenis hewan tadi kami himbau agar menjaga kebersihan tubuh dan makanan mereka,” tutur M Kamil kepada Haluan, Rabu (10/8) di Padang.

Ia menambahkan, peran masyarakat mencegah penyebaran rabies bisa dibuktikan melalui perbandingan kasus yang terjadi pada setiap tahun.

Sebagai contoh, sebutnya, dari Januari hingga Juli tahun 2015 Disnakeswan mencatat sebanyak 69 kasus gigitan hewan terdata sebagai positif rabies.

Sementara hingga periode Juli 2016 lalu Disnakeswan mencatat hanya 49 kasus rabies yang ditemukan. Jumlah ini berkurang sekitar 30 persen dibanding tahun lalu.

“Menurunnya angka kasus tak terlepas dari kesadaran masyarakat serta sosialisasi yang terus kami tingkatkan dari tahun ke tahun,” ujar M. Kamil.

Berkaitan dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang hingga hari ini masih bebas rabies. Ia mengatakan hal ini telah terjadi selama bertahun-tahun.

Ditegaskan M. Kamil juga, untuk mempertahankan Mentawai terus bebas rabies, pihaknya bersama pihak terkait lain terus memperketat masuknya anjing dan hewan peliharaan asal daerah lain ke Mentawai. (h/len)

 

Sumber: Harian Haluan

Tinggalkan Balasan

Kecuali Mentawai Sumbar Endemik Rabies

by Civas time to read: 1 min
0