Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Saturday, 20 October 2018
http://www.lawhutson.com/woman-arrested-on-suspicion-of-aggrevated-assault-for-ordering-her-dog-to-attack-is-subject-to-civil-liability/

Dua puluh Sembilan Orang Agam Tertular Rabies Selama 2014

Selasa, 6 Januari 2015

Lubuk Basung – Sebanyak 29 orang positif tertular virus rabies setelah digigit anjing liar di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), dari jumlah gigitan 33 selama 2014.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Agam, Afdhal di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan, kasus gigitan ini terjadi di Kecamatan Lubuk Basung sebanyak enam orang, Kecamatan Tanjung Mutiara sebanyak dua orang, Kecamatan Tanjung Raya sebanyak tujuh orang.

Kemudian Kecamatan Ampek Nagari sebanyak satu orang, Kecamatan Palembayan sebanyak tiga orang, Kecamatan Tilatang Kamang sebanyak empat orang, Kecamatan Kamang Magek sebanyak dua orang.

Sementara di Kecamatan Baso sebanyak tiga orang, Kecamatan Ampek Nagari sebanyak dua orang dan Kecamatan Canduang sebanyak satu orang.

“Dari kasus gigitan itu, tidak ada warga yang meninggal akibat rabies,” kata Afdhal. Selama 2014, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Agam memberikan vaksinasi kepada 6.000 ekor anjing. Vaksin ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan masyarakat tidak dipungut biaya untuk mendapatkan vaksinasi ini. “Kami juga melakukan eliminasi anjing liar sekitar 2.000 ekor dengan melibatkan petugas kesehatan hewan dan masyarakat setempat,” katanya.

Ia menambahkan, jumlah kasus rabies di Kabupaten Agam mengalami peningkatan setiap tahun. Pada 2011 sebanyak 18 kasus, pada 2012 sebanyak 22 kasus dan pada 2013 sebanyak 24 kasus. Untuk menekan kasus rabies, pihaknya melakukan kerja sama dengan Persatuan Olahraga Berburu Babi (Porbi) Kabupaten Agam dalam memberikan sosialisasi dan mengajak anggotanya untuk memberikan vaksinasi anjing peliharaannya. Selain itu, dilakukan pemutaran film terkait dampak dari penyakit rabies ini di setiap pusat keramaian, penyebaran selebaran dan lainnya.

 

Sumber: Antara Sumbar