www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 20 June 2019
Ibu Tata
Sumber: CIVAS

Waspada Bovine Spongiform Encephalopathy

Kamis, 1 November 2018

Inggris – Dalam laman VetVoice, Tri Satya Putri Naipospos, Konsultan Regional untuk Asia Tenggara, OIE menginformasikan, pada 18 Oktober 2018, dikonfirmasi terjadi satu kasus Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE) baru di suatu peternakan sapi potong di Aberdeenshire, Inggris.

“Investigasi masih berlangsung untuk mengidentifikasi sumber penyakit – kasus pertama kali di Skotlandia setelah beberapa dekade. Penyakit diketahui setelah kematian hewan tersebut,” katanya.

Kasus ini terjadi pada sapi berumur 5 tahun yang berhasil di identifikasi sebelum masuk ke rantai pangan manusia. Empat hewan yang lain dalam satu kelompok dimusnahkan sebagai upaya kehati-hatian. “Seperti diketahui ada 16 kasus BSE di Inggris sejak tahun 2011, dengan kasus terakhir terjadi pada tahun 2015 di Carmarthenshire, Wales,” ujar Tata.

Monitoring BSE menjadi suatu fungsi penting sejak krisis 1986 dimana 180.000 ekor sapi dinyatakan terinfeksi dan 4,4 juta ekor dipotong dalam upaya untuk memberantas penyakit ini di Inggris. (Nova)

 

Sumber: TROBOS Edisi 230 November 2018

Tinggalkan Balasan

Waspada Bovine Spongiform Encephalopathy

by Civas time to read: 1 min
0