www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Tuesday, 20 August 2019
civas_both

CIVAS di Indo Livestock 2008

Kamis, 3 Juli 2008

Peternakan menjadi salah satu komoditi yang memiliki peran penting dalam kemajuan suatu negara. Setidaknya bidang peternakan minimal memiliki dua peran penting yaitu peran di bidang ekonomi dan peran dalam menciptakan bangsa yang sehat dan cerdas melalui ketersediaan protein hewani. Salah satu cara yang dilakukan oleh insan peternakan Indonesia dalam upaya memajukan bidang peternakan adalah dengan mengadakan kegiatan yang dapat mensosialisasikan hal-hal yang berkaitan dengan peternakan ke masyarakat umum dan sharing informasi antar pelaku bidang peternakan. Salah satu kegiatan yang diadakan adalah Indo Livestock Expo & Forum. Kegiatan ini bertaraf internasional.

Indo Livestock Expo & Forum – Indonesia’s Biggest Feed & Livestock Industry yang ke-4 telah di selenggarakan pada tanggal 1- 3 Juli 2008 berlokasi di Jakarta Convention Centre (JCC). Penyelenggaraan Indo Livestock Expo & Forum pertama kali diadakan di Bali. Kemudian penyelenggaraan kedua dan ketiga diadakan di Jakarta. Kegiatan ini merupakan event dua tahunan yang secara rutin dilaksanakan di Indonesia. Acara ini didukung oleh semua pihak yang terlibat di sektor peternakan dan industri pakan. Mulai dari pemerintah, swasta, asosiasi dan lembaga swadaya masyarakat. Kegiatan ini berupa pameran teknologi dan produk peternakan. Selain itu, event ini juga digunakan untuk memperkenalkan sebuah institusi yang terlibat dalam bidang peternakan.

civas_quis
Pada penyelenggaraan Indo Livestock Expo & Forum tahun ini, Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) untuk pertama kalinya mendapat kesempatan sebagai exhibitor. Keterlibatan non government organization (NGO) yang mengusung moto Vet for a better life dalam kegiatan ini dalam upaya mensosialisasikan diri kepada stakeholders peternakan, khususnya dokter hewan dan juga masyarakat umum. CIVAS sebagai NGO yang bergerak di bidang kesehatan hewan dan keamanan pangan memiliki tanggung jawab dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan hewan dan keamanan pangan asal hewan. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan menjelaskan visi dan misi CIVAS kepada para pengunjung stand CIVAS. Selain itu juga ditampilkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh CIVAS dan setiap hari diadakan kuis yang diperuntukkan bagi para pengunjung stand CIVAS. Pertanyaan dalam kuis berupa hal-hal seputar kedokteran hewan. Kegiatan kuis sengaja dilakukan sebagai sarana sosialisasi bidang kedokteran hewan kepada pengunjung.

Pada hari kedua penyelengaran event ini selain melakukan sosialisasi di stand, CIVAS juga mengadakan diskusi publik terkait rumah pemotongan ayam (RPA) dengan tema ” RPA Sesuai Standar dan Menguntungkan, Seperti Apa?”. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara CIVAS dan majalah TROBOS.

Animo masyarakat yang ingin mengetahui tentang CIVAS ternyata sangat besar. Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung selama kegiatan ini berlangsung. Setiap harinya lebih dari 100 orang mengunjungi stand CIVAS. Para pengunjung berasal dari berbagai pihak mulai dari pemerintah, swasta, peternak, akademisi, dan masyarakat umum.

Tinggalkan Balasan

CIVAS di Indo Livestock 2008

by boghen time to read: 2 min
0