Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Sunday, 22 July 2018
ayam

Positif Flu Burung

Senin, 25 Juni 2018

Taba Penanjung, Bengkulu Tengah – Keluhan masyarakat mengenai kematian ayam mereka secara mendadak mendapat respon cepat dari Bidang Peternakan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Kepala Distan Kabupaten Bengkulu Tengah, Drs. Supawan Said melalui Kabid Peternakan, Desi Murdianti, SPt. MSi. mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan di 2 (dua) desa Kabupaten Bengkulu Tengah. Yakni, Desa Padang Kedeper Kecamatan Merigi Kelindang dan Desa Bajak II Kecamatan Taba Penanjung tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan yang telah kami lakukan, ayam warga positif terkena virus flu burung,” ungkap Desi.

Menurutnya, dalam tempo 3 hari terakhir, tercatat sebanyak 150 ekor ayam mati terserang virus flu burung. Menghindari agar virus itu tidak meluas, pihaknya mengharapkan agar masyarakat bisa langsung memusnahkan ternak yang terkena penyakit.

“Jika ada lagi yang terkena virus, langsung saja dimusnahkan agar tidak menular kepada hewan lain. Baik dengan cara dibakar maupun dikubur. Selain itu, karena virus juga bisa menular ke manusia, masyarakat juga jangan menyentuh hewan ternak yang terkena flu burung secara langsung. Melainkan, harus menggunakan sarung tangan,” tandasnya.

Selain itu, Desi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk pro aktif dalam menjaga kebersihan kandang ternak serta memeriksaan kesehatan setiap hari. Terlebih lagi, saat ini cuaca memang masih dikategorikan ekstrem, yakni perubahan antara musim panas menuju musim penghujan.

“Kami juga memiliki tim reaksi cepat untuk mendata seluruh ternak milik warga. Selain itu, masyarakat juga harus aktif dalam menyampaikan laporan. Jika ada ternak yang terindikasi serangan penyakit, silahkan laporkan segera,” pungkas Desi.

 

Sumber: Bengkulu Ekspres