Vets for a Better Life
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Friday, 29 March 2024
30Papua Tengah-papuatengah.blogspot.com
Sumber: Nabire.net (2017)

Kementan Nyatakan Papua Bebas Flu Burung Jadi Peluang Ekspor

Selasa, 14 November 2017

Jakarta - Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian menyebutkan Provinsi Papua tidak memiliki kasus penyakit Avian Influenza (AI) atau flu burung sehingga wilayah tersebut berpotensi menjadi peluang ekspor produk peternakan.

Direktur Kesehatan Hewan Ditjen PKH, Fadjar Sumping mengatakan berdasarkan hasil surveilans pembuktian bebas AI oleh Balai Besar Veteriner Maros (BBVet) Maros selama dua tahun terakhir, tidak ditemukan kasus flu burung di Provinsi Papua, baik laporan kasus sindromik yang mengarah pada penyakit AI maupun pengujian virologi.

“Dengan telah menyandang status bebas AI tersebut, beberapa keuntungan dan peluang pengembangan usaha perunggasan di wilayah Papua semakin aman dalam aspek kesehatan unggas dan peluang pasar lebih terbuka secara luas baik domestik maupun internasional,” kata Fadjar melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Sebagai capaian bidang kesehatan hewan dan usaha perunggasan nasional, pemerintah menerbitkan Keputusan Menteri Pertanian RI No. 600/Kpts/PK320/9/2017 tentang Provinsi Papua sebagai Zona Wilayah Bebas Penyakit AI pada unggas.

Fadjar menjelaskan Provinsi Papua memiliki nilai strategis dalam penguatan status kesehatan unggas guna pengembangan pertumbuhan sentra baru usaha perunggasan dalam memenuhi kebutuhan telur dan daging unggas di wilayah tersebut.

Papua pun terbuka luas untuk mengekspor unggas dan produk unggas ke negara yang berbatasan dengan provinsi tersebut, yakni Papua New Guinea, bahkan hingga ke beberapa negara kepulauan di wilayah Pasifik.

Selain itu, Fadjar menjelaskan dampak positif dari capaian status Bebas AI di Provinsi Papua, yakni berkontribusi menjaga kelestarian dan keamanan hayati.

“Hal itu melalui upaya mencegah dan meminimalisasi risiko terjangkitnya penyakit AI terhadap populasi Burung Cenderawasih, yang merupakan kekayaan fauna asli Papua kebanggaan Indonesia,” ungkapnya.

Kementan mencatat, selama 2015-2016, wilayah yang telah bebas flu burung, yaitu Provinsi Maluku Utara (2015) dan Provinsi Maluku (2016). Selain itu, pada tahun 2015 juga sudah berhasil membebaskan Pulau Madura dari penyakit Brucella. (Mentari Dwi Gayati | Ed: AA Ariwibowo)

 

Sumber: Antara News

Tinggalkan Balasan

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.

Kementan Nyatakan Papua Bebas Flu Burung Jadi Peluang Ekspor

by Civas time to read: 1 min
0