Vets for a Better Life
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Saturday, 25 January 2020
Flu-burung karanganyar

Flu Burung Karanganyar – Lima Kecamatan Endemis AI

Jumat, 4 Juli 2014

KARANGANYAR – Lima dari 17 kecamatan di wilayah Bumi Intanpari dinyatakan endemis flu burung.  Lima kecamatan itu yakni Mojogedang, Gondangrejo, Karangpandan, Jatipuro, dan Jaten.

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Karanganyar mewaspadai kembali munculnya virus tersebut, mengingat cuaca yang tidak menentu.”Iklim ekstrem seperti akhir-akhir ini membuat kami mewaspadai ancaman mengganasnya flu burung. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, musim peralihan menyebabkan virus ini berkembang pesat,” terang Kepala Disnakan Karanganyar, Sumijanto kepada solopos.com, Jumat (4/7/2014).

Lebih lanjut dijelaskan mengantisipasi merebaknya virus flu burung, persediaan desinfektan dan vaksin masih cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam setahun. Selain itu, sosialisasi menjaga kebersihan kandang, telah rutin diberikan kepada peternak, maupun masyarakat umum.

“Perlu diketahui virus tersebut bertahan hidup di daerah lembab. Karena itu kami meminta warga menjaga kebersihan ternaknya,” kata dia.

Sumijanto mengatakan jumlah peternakan unggas di willayah Karanganyar cukup besar. Flu burung kali terakhir, lanjut dia, menyerang kalkun di daerah Jetis. “Jadi selain ayam dan itik, flu burung juga menyerang kalkun maupun unggas lain. Karena itu masyarakat kami imbau waspada,” imbuh dia. Menjaga kesehatan lingkungan, lanjut Sumijanto, juga penting sebagai langkah awal mencegah adanya flu burung.

Menilik temuan kasus di sejumlah daerah di Soloraya, pihaknya mengantisipasi dengan intensif menyiagakan tim dari Disnakan di setiap kecamatan. Tugas tim tersebut diantaranya mengawasi lalu lintas unggas.

“Kami memiliki daerah peternakan unggas yang cukup besar, sehingga kebutuhan ternak tercukupi, tanpa harus mendatangkan dari daerah lain. Meskipun begitu, sejumlah warga yang tinggal di desa daerah perbatasan bisa saja membeli dari luar daerah melalui pengecer keliling. Itu di luar pantauan kami,” ungkap dia. Pihaknya meminta masyarakat melaporkan setiap kali menemukan unggas mati secara tidak wajar. Vaksin flu burung disediakan gratis di Kantor Disnakan.

Sumber: Solopos

Tinggalkan Balasan

Flu Burung Karanganyar – Lima Kecamatan Endemis AI

by Vana time to read: 1 min
0