Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Saturday, 26 May 2018
https://rbssinfectiousdiseases.wikispaces.com/Brucellosis
Sumber : rbssinfectiousdiseases.wikispaces.com

Jelang Idul Fitri, Banyak Peternak Kambing Mengeluhkan Penyakit Brucellosis

Rabu, 8 Juli 2015

BLITARĀ - Jelang Lebaran tahun ini, Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Blitar berupaya untuk mengantisipasi penyakit keluron yang banyak menjangkiti hewan ternak kambing di Kota Blitar. Hal itu setelah diketahui banyak para peternak yang mengeluhkan permasalahan ini.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kota Blitar Muhammad Chisni Purnama pada Senin (06/07) mengatakan bahwa banyak keluhan warga yang masuk terkait hewan ternak kambing di Kota Blitar karena terkena keluron atau menderita Brucellosis. Pihaknya menerima langsung aduan warga ketika Dinas Pertanian Kota Blitar Bidang Peternakan melakukan pelayanan terpadu di 14 Kelurahan di Kota Blitar. Untuk mengantisipasi, Dinas Pertanian Kota Blitar Bidang Peternakan menyiapkan vaksinasi sebelum Idul Fitri dengan mengajukan permintaan vaksin lebih banyak dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur. Diakuinya wabah keluron atau Brucellosis di Kota Blitar sekarang sudah diminimalisir. Chisni berharap, jelang Ramadhan dan Idul Fitri seluruh ternak di Kota Blitar bebas penyakit berbahaya.

Sekedar diketahui, keluron atau Brucellosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan banyak menyerang hewan ternak seperti sapi dan kambing, gejala utamanya yaitu abortus atau keguguran pada bulan ketiga atau keempat masa kehamilan hewan ternak.(sar)

 

Sumber: Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Daerah Kota Blitar.