Vets for a Better Life
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 28 March 2024
http://www.lawhutson.com/woman-arrested-on-suspicion-of-aggrevated-assault-for-ordering-her-dog-to-attack-is-subject-to-civil-liability/
Sumber: lawhutson.com (2013)

Delapan Warga Seruyan Hulu Positif Rabies

Selasa, 24 Maret 2015

This post is also available in: English

Delapan warga Desa Tanjung Paku Kecamatan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan positif rabies. Mereka terserang rabies setelah sebelumnya terkena gigitan anjing tanpa suntikan vaksin anti rabies.

“Berdasarkan laporan petugas di lapangan, ada delapan warga Desa Tanjung Paku Kecamatan Seruyan Hulu,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Seruyan Sugian Noor, Selasa (24/3).

Sugian mengatakan, keterangan positif rabies kedelapan warga itu, setelah adanya pemeriksaan oleh petugas lapang yang tergabung dalam tim pencegahan penyebaran rabies. “Hasilnya positif rabies dan itu disebabkan oleh gigitan anjing,” katanya.

Ia mengungkapkan, selama ini Kabupaten Seruyan tergolong sebagai wilayah yang aman penyakit rabies. Terbukti pada 2014 lalu tidak ada laporan tentang kasus rabies di ‘Bumi Gawi Hatantiring’. Baru tahun ini kasus rabies muncul dan mulai menimbulkan korban.

“Diduga anjing-anjing rabies itu berasal dari Kalimantan Barat, karena delapan korban yang berasal dari Desa Tanjung Paku yang wilayahnya berbatasan dengan Kalimantan Barat,” katanya.

Guna mencegah penyebaran rabies, Distanak Seruyan sudah menurunkan tim ke kecamatan-kecamatan untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan milik warga. “Dan sampai saat ini belum ada laporan tentang bertambahnya korban, jadi jumlahnya masih delapan korban,” katanya.

Ia menambahkan, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Distanak untuk mencegah penyebaran rabies, seperti kurangnya petugas lapang yang melakukan vaksinasi secara bertahap dari satu wilayah ke wilayah lain.

“Kendala lainnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat, terutama pemilik hewan peliharaan untuk melaporkan keberadaan hewan peliharaannya agar dapat diberi vaksin anti rabies,” katanya.

Dia juga berharap agar ada peran dari warga untuk mencegah munculnya korban selanjutnya. Warga yang memiliki hewan peliharaan diminta aktif melaporkan ke instansi terkait, agar diberikan penanganan.

Sumber: Borneo News

Tinggalkan Balasan

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.

Delapan Warga Seruyan Hulu Positif Rabies

by Tisna Sutisna time to read: 1 min
1