Vets for a Better Life
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Friday, 29 March 2024
RABIES BERBAHAYA

Kasus Warga Poso Tewas Terinfeksi Rabies Meningkat

Kamis, 26 Februari 2015

This post is also available in: English

Poso - Sedikitnya empat warga Kabupaten Poso, dalam dua bulan terakhir ini tewas akibat serangan rabies. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dr Djani Moula mengatakan, kasus gigitan anjing terinfeksi rabies pada manusia dengan jumlah tertinggi di Poso berada di Kecamatan Lore.

“Ke empat korban tersebut semuanya berasal dari Kecamatan Lore. Hal ini menunjukan, bahwa di wilayah tersebut telah terjadi peningkatan kasus gigitan anjing terinfeksi penyakit rabies,” kata dr Djani Moula, Rabu (25/2) kemarin di kantornya.

Bahkan setiap tahunnya, kasus dengan gigitan anjing terinfeksi rabies pada manusia di Kabupaten Poso cenderung meningkat. Terkait  kondisi itu,  pihaknya terus menekan jatuhnya korban  jiwa akibat serangan rabies dengan terus menghimbau kepada warga yang digigit anjing  untuk segera mendapatkan perawatan medis.

“Karena jika dinyatakan posistif,  korban bisa meninggal jika terlambat mendapat suntikan, karena rabies ini akan melumpuhkan semua saraf-saraf pada korbannya,” katanya menambahkan.

Sementara, anjing yang menggigit manusia juga harus di periksa, jika positif rabies, korban yang digigit anjing harus segera diberi suntikan.

Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa akibat serangan rabies,  Dinas Kesehatan Poso telah menerapkan standar penanganan luka gigitan anjing rabies di semua Puskesmas maupun Rumah Sakit yang ada.

Di samping itu, untuk mengantisipasi semakin meluasnya kasus rabies di Kabupaten Poso, Dinas Kesehatan telah berkoordinasi dengan Dinas Perternakan untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan-hewan pembawa virus rabies terutama jenis anjing. Serta upaya himbauan agar hewan jenis anjing yang diduga kuat menderita rabies untuk segera  dimusnahkan. (Ryan Darmawan | Editor: Subandi Arya)

Sumber: Metro Sulawesi

Tinggalkan Balasan

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.

Kasus Warga Poso Tewas Terinfeksi Rabies Meningkat

by Tisna Sutisna time to read: 1 min
0