Vets for a Better Life
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 24 September 2020
Kurban Kodrat
Sumber: CIVAS (2020)

Pemeriksaan Hewan Kurban 1441 H untuk Penjaminan Keamanaan Konsumsi Masyarakat

Minggu, 2 Agustus 2020

Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) secara rutin turut berpartisipasi dalam pemeriksaan hewan kurban sebagai salah bentuk pengabdian masyarakat. Wabah Covid-19 tidak menjadi halangan petugas untuk membantu Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor dalam  mengawasi pemotongan hewan di hari raya Idul Adha 1441 H. Petugas CIVAS tahun ini diwakili oleh Drh Kodrat Zulfikar Baskoro dan Nofita Nurbiyanti, SKH dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan tugasnya.

Pemeriksaan pun dilakukan selama 2 hari di beberapa titik pemeriksaan sekitar kantor CIVAS yang bertempat di Kelurahan Atang Senjaya. Petugas turut bekerja sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid Nurul Iman (pada Jumat, 31 Juli 2020) dan Nurul Yaqin (pada Sabtu, 1 Agustus 2020) untuk melakukan pemeriksaan pada sapi, domba dan kambing sebelum dan setelah penyembelihan. Selain itu, petugas CIVAS juga menerima pemanggilan pemeriksaan hewan kurban di salah satu sekolah swasta yaitu Sekolah Alam Tanah Baru Bogor untuk menjamin bahwa daging kurban halal, thoyib (aman, sehat dan utuh), serta ihsan (memperlakukan hewan dengan baik).

 

Kurban Pebi

 

Petugas Pemeriksaan dari Kementan, Drh Pebi Purwo Suseno

 

Dari hasil pemeriksaan hewan kurban, hanya ditemukan sedikit cacing hati pada sapi dan domba yang terlihat kurus, setelah dipilah keseluruhan dagingnya kurban layak untuk dikonsumsi masyarakat. Tidak hanya melakukan pemeriksaan hewan kurban, petugas juga melakukan edukasi panitia terkait proses pemotongan dan penanganan daging yang baik.

Tinggalkan Balasan

Pemeriksaan Hewan Kurban 1441 H untuk Penjaminan Keamanaan Konsumsi Masyarakat

by Civas time to read: 1 min
0