www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 18 July 2019
165828_anjing
Ilustrasi

Sudah 749 Orang Digigit Anjing di Sumbawa NTB

Rabu, 20 Februari 2019

Sumbawa - 749 Orang jadi korban gigitan anjing di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Populasi anjing di 5 kabupaten itu tergolong cukup tinggi sebagai jenis hewan yang paling banyak membawa virus rabies.

“Data masih bergerak ya, seperti kemarin prediksi kita untuk Dompu sembilan ribu, ternyata sudah sepuluh ribuan. Karena memang pergerakan populasi anjing ini sangat tinggi,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan NTB Budi Septiani (20/2).

Septiani menyebut angka populasi anjing di Kabupaten Sumbawa Barat ada 2.517 ekor, Kabupaten Sumbawa 26.100, Dompu ada 10.334 ekor, Kabupaten Bima 16.100, dan Kota Bima sebanyak 1.007 ekor.

Namun demikian, menurut Septiani, jika dibandingkan dengan di Pulau Lombok, maka populasi anjing di Sumbawa jauh lebih tinggi.

Dinas Kesehatan (Dinkes) NTB melaporkan hasil investigasi kasus virus rabies di tiga kabupaten yang ada di Pulau Sumbawa yaitu korban terkena gigitan sebanyak 749 orang.

Hingga Selasa (19/2) jumlah korban gigitan anjing di Kabupaten Dompu mencapai 709, ada 702 orang yang diberikan vaksin. Anjing yang positif terkena rabies ada 26 ekor, dan jumlah korban yang meninggal dunia 6 orang.

Kabupaten Sumbawa, dilaporkan ada 21 orang kena gigitan dan sudah diberikan vaksin, 4 orang positif rabies. Sedangkan di Kabupaten Bima, ada 19 orang terkena gigitan dan negatif terjangkit rabies.

Laporan warga di Kabupaten Sumbawa Barat, ada 5 kasus gigitan anjing, yaitu 2 di Kecamatan Maluk, 2 orang di Kecamatan Poto Tano dan 1 orang lagi di Kecamatan Taliwang.

“Jika ada yang tergigit anjing, segera untuk membasuh, mencuci bekas gigitan itu dengan detergen dan digosok-gosok selama 15 menit dan disiram di air yang mengalir. Setelah itu baru dibawa ke puskesmas,” imbau Septiani.

Untuk bantuan vaksin dan serum anti rabies dari Kementrian Kesehatan yang telah terdistribusikan kepada seluruh kabupaten dan kota di NTB, sebanyak 3.609 vial. (asp)

Sumber: detik.com

Tinggalkan Balasan

Sudah 749 Orang Digigit Anjing di Sumbawa NTB

by Patricia Noreva time to read: 1 min
0