Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Sunday, 22 July 2018
cara-ternak-bebek-itik-viterna-poc-nasa-hormonik-distributor-resmi-nasa-natural-nusantara

Ratusan Ayam Mati Terindikasi Flu Burung di Rejang Lebong

Minggu, 8 April 2018

Rejang Lebong, Bengkulu – Petugas Pusat Kesehatan Hewan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah ternak ayam yang mati akibat flu burung di daerah itu mencapai ratusan ekor.

“Jumlah ternak ayam yang mati di lokasi peternakan ayam petelur di Desa Lubuk Belimbing I, Kecamatan Sindang Beliti Ilir saat ini lebih dari 600 ekor,” kata Kepala Puskeswan Curup, Firi Asdianto.

Ternak ayam yang terindikasi terserang flu burung tersebut berada dalam Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI). Banyaknya ternak unggas yang mati dalam kandang peternakan itu, membuat Puskeswan Curup bersama dengan petugas Dinas Kesehatan Rejang Lebong melakukan pemeriksaan langsung untuk melihat perkembangan di lokasi kejadian.

Turunnya petugas Dinkes setempat ini guna mengantisipasi kemungkinan risiko penularan penyakit flu burung ke manusia, karena penyakit ini bersifat zoonosis atau bisa menular pada manusia. Petugas kesehatan selain melakukan pengamatan, juga memeriksa petugas peternakan dan warga sekitar lokasi guna melihat ada tidaknya gejala-gejala penyebaran penyakit itu.

Firi juga sudah melakukan penyemprotan kandang peternakan milik pengusaha ayam petelur di Kecamatan SBI itu agar tidak menular, kemudian menyarankan pemiliknya mengisolasi ternak sakit dalam kandang. Jika ditemukan ada yang mati agar langsung dibakar atau dikubur dan tidak boleh dibuang sembarangan.

“Para petugas mengelola peternakan ini kami sarankan agar menggunakan perlengkapan seperti masker dan sarung tangan sehingga bisa mencegah terjadinya penularan,” ujarnya.

Kasus kematian ayam ini setelah diperiksa dengan rapid test positif flu burung, tetapi untuk kepastiannya saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan sampel yang dikirim ke laboratorium kesehatan hewan di Bengkulu. (Ani Nursalikah)

 

Sumber: Antara dan Republika