Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Tuesday, 20 November 2018
Jembrana (Heru, 2011)
Sumber: Heru (2011)

Waspada Penyebaran Penyakit Jembrana

Minggu, 1 April 2018

Lampung – Hasil uji laboratorium Balai Veteriner Lampung tanggal 15 Maret 2018 tentang pemeriksaan terhadap sapi bali asal Desa Berasan Makmur Kecamatan Tanjung Raya Mesuji, Kabupaten Mesuji menunjukkan hasil positif terhadap penyakit Jembrana dan adanya indikasi masuknya Jembrana ke Kabupaten Tulang Bawang.

Sehubungan adanya dampak negatif dari penyakit Jembrana, antara lain kerugian ekonomi karena kematian ternak, penurunan produksi ternak, penurunan produksi daging dan kerugian akibat penurunan daerah, maka Provinsi Lampung melalui dinas terkait menghimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit tersebut.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Dessy Desmaniar Romas mengajak semua kalangan untuk lebih perhatian dan waspada. Menurutnya, bagi daerah yang sudah positif terinfeksi Jembrana disarankan untuk meningkatkan program desinfeksi untuk pengendalian vektor dan pemberian vitamin serta vaksinasi. Sedangkan, bagi daerah yang belum terinfeksi  atau berbatasan langsung dengan daerah terinfeksi dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap lalu lintas  ternak.

Dia juga menghimbau agar meningkatkan koordinasi dan bekerjasama dengan instansi lain terkait mengerahkan seluruh sumber daya dan kapasitas petugas kesehatan hewan. Diharapkan pula agar Balai Karantina dan petugas check point dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap keluar masuknya ternak di wilayah Provinsi Lampung, pun agar Balai Veteriner Lampung dapat membantu surveilance dan deteksi dini terhadap resiko menyebarnya penyakit Jembrana di wilayah Provinsi Lampung. (yan)

 

Sumber: Majalah TROBOS Edisi 223/Tahun XIX/April 2018