Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Saturday, 24 June 2017
cara-ternak-bebek-itik-viterna-poc-nasa-hormonik-distributor-resmi-nasa-natural-nusantara
Sumber: ternakbebek13.blogspot.co.id

735 Itik Peternak di Soreang Positif Flu Burung

Minggu, 26 Februari 2017

Bandung – Sebanyak 735 itik milik seorang peternak di Desa Sekarwangi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung terjangkit virus flu burung. Ratusan itik itu positif terjangkit virus avian influenza setelah tim Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat melakukan pengecekan.

“Itu yang terdata di kami dan sudah ditangani. Mungkin ada tambahan tapi tidak banyak, paling 1-2 ekor,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jabar, Doddy Firman Nugraha, Minggu (26/2/2017).

Dikatakan Doddy, ratusan itik yang terjangkit itu merupakan akumulasi yang positif terjangkit virus flu burung selama 20 hari terakhir pada Februari 2017. Menurutnya, kasus virus flu burung yang bisa mengakibatkan unggas mati mendadak itu merupakan kasus pertama di Jawa Barat pada 2017.

“Total itik yang terjangkit itu terjadi sejak dilaporkan awal Februari,” kata Doddy.

Dody mengatakan, virus tersebut tak sampai mewabah ke peternakan unggas lainnya di Kabupaten Bandung. Pihaknya telah melakukan penyisiran ke lokasi ditemukannya unggas mati karena virus peternakan dan peternakan yang ada di Kabupaten Bandung. Adapun penyebabnya belum bisa dipastikan lantaran virus flu burung itu bisa dipicu berbagai faktor.

“Bisa karena virus itu datang dengan sendiri, unggas belum divaksinasi, lingkungan yang kotor, atau tertular,” kata Doddy.(cis)

 

Sumber: TribunNews dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat