Vets for a Better Life
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 28 March 2024
Flu Burung
Photo by: elshinta.com

Mati Mendadak, 20 Unggas di Cilandak Terjangkit Flu Burung

Sabtu, 19 Maret 2016

This post is also available in: English

Jakarta - Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan Kristrisasi Helenandari mengatakan virus flu burung positif menjangkiti beberapa unggas di Cilandak. Sebanyak 20 ekor ayam dan entok di RT 14 RW 04, Kelurahan Cilandak Barat, dilaporkan mati mendadak.

“Setelah terbukti positif AI, seluruh unggas dimusnahkan. Pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara focal culling (pemusnahan) dan diikuti dengan desinfeksi biosecurity,” kata Kristrisasi, Sabtu, 19 Maret 2016.

Kristrisasi menuturkan unggas itu pertama kali diketahui mati pada 15 Maret. Petugas mendapat laporan keesokan harinya dan segera mengambil sampel untuk diperiksa. Hasil pemeriksaan tersebut keluar pada 17 Maret dan dilakukan pemusnahan massal.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Heny Fachrudin mengatakan meski ada unggas yang positif terinfeksi virus avian influenza (AI) tapi tidak ada penduduk yang terkena dampaknya.

“Yang kena hanya ayam, orang tidak ada, tapi tetap kami pantau,” kata Heny saat dihubungi.

Heny menuturkan pihaknya menerima laporan ada ayam yang terjangkit flu burung pada tiga hari lalu. Dinas Kesehatan pun segera memantau ketat penduduk yang berada di lingkungan sekitar.

“Seminggu ini pemantauan kami ketatkan ke pemilik, penduduk sekelilingnya, dan tetangga-tetangga apakah ada gejala flu atau tidak,” ujarnya.

Ia berujar masa pemantauan pun akan diperpanjang hingga dua pekan ke depan untuk memastikan tidak ada warga yang terinfeksi flu burung. Penyuluhan dari puskesmas pun telah dilakukan semenjak ada laporan masuk.

Heny meminta warga sekitar untuk memeriksakan diri ke puskesmas bila menunjukkan gejala flu seperti merasa demam. Ia menuturkan petugas kesehatan telah turun ke lapangan untuk memeriksa langsung penduduk sekitar.

“Yah mudah-mudahan saja tidak ada yang terkena,” katanya. (Ahmad Faiz)

Sumber: Tempo.co

Tinggalkan Balasan

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.

Mati Mendadak, 20 Unggas di Cilandak Terjangkit Flu Burung

by Luthfi Elzacky time to read: 1 min
0