www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 20 June 2019

Bakteri Antraks Serang Kabupaten Pinrang, 33 Ekor Sapi Mati

Kamis, 3 Maret 2016

Parepare — Matinya 33 sapi milik peternak akibat bakteri antraks di Dusun Pelita, Desa Malimpung, Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, disebut sebagai kejadian luar biasa.

Hal ini dikatakan dokter hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pinrang, drh. I Gede Adika, Kamis (3/3/2016), saat melakukan vaksinasi dan pemeriksaan sapi peternak di Dusun Pelita.

“Kejadian ini saya anggap kejadian luar biasa sebab baru pertama kalinya bakteri antraks ini menyerang di Kabupaten Pinrang dan langsung membunuh 33 sapi peternak dan menulari ribuan sapi di dua desa, yakni Desa Malimpung dan Desa Padang Loang,” kata I Gede Adika.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Veteriner pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pinrang, Haeriyah, menjelaskan, Kamis ini, pihaknya memberi vaksin terhadap ratusan sapi peternak di dua desa di Kabupaten Pinrang.

“Hari ini kita memvaksin ratusan ekor sapi peternak dua desa, yakni Desa Malimpung dan Desa Padang Loang. Semua sapi di dua desa ini terinfeksi bakteri antraks,” kata Haeriyah.

Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pinrang terus melakukan upaya pencegahan penyebaran bakteri antraks ke sapi dan warga dengan cara vaksinasi. (Suddin Syamsuddin | ed: Farid Assifa)

Sumber: Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Bakteri Antraks Serang Kabupaten Pinrang, 33 Ekor Sapi Mati

by Luthfi Elzacky time to read: 1 min
0