Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Monday, 21 August 2017
IMG_7723

Partisipasi CIVAS dalam Hari Raya Idul Adha 1435 H

Minggu, 27 September 2015

Oleh:  Erianto Nugroho & Nofita Nurbiyanti

 Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1435 H yang jatuh pada hari Minggu, 5 Oktober 2014 dan memenuhi misi organisasi untuk meningkatkan peran dan kapasitas masyarakat serta menyediakan informasi di bidang kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, kesejahteraan hewan, dan lingkungan, Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) telah melakukan beberapa kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan hewan kurban di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

Kegiatan pertama yaitu sosialisasi tata cara pemilihan dan penanganan hewan kurban serta penanganan daging dan jeroan yang baik melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 FM pada tanggal 24 September 2014 pukul 09.00-09.15 WIB. Sosialisasi dilakukan melalui wawancara langsung narasumber CIVAS, yaitu Drh. Riana Aryani Arief, oleh penyiar RRI yang sedang bertugas dalam program acara “Suara Kreatifitas”. Wawancara ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman warga Bogor dalam mempersiapkan aktifitas kurbannya.

Seminggu sebelum Hari Raya Idul Adha 1435 H, yaitu pada tanggal 27 September 2014, penyuluhan mengenai pemilihan, penanganan dan penyembelihan hewan kurban serta penanganan daging dan jeroan diberikan pada perwakilan dari 4 Dewan Keluarga Mesjid (DKM) di sekitar wilayah kantor CIVAS. Penyuluhan ini dilakukan di Ruang Rapat CIVAS pada jam 09.00-12.00 WIB. Materi penyuluhan disampaikan oleh Drh. Erianto Nugroho yang mewakili CIVAS mengenai “Pemilihan Hewan dan Penanganan Daging Kurban” dan Drh. M. Toif Hidayatullah dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor mengenai “Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bogor terkait Hewan Kurban dan Antisipasi Penyakit Hewan Menular”. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan menonton beberapa video penyuluhan terkait penanganan dan penyembelihan hewan kurban.

Pemeriksaan hewan kurban secara antemortem (sebelum penyembelihan) dan postmortem (setelah penyembelihan) pada Hari Raya Idul Adha dilakukan di Mesjid Nurul Yaqin yang berlokasi di lingkungan sekitar kantor CIVAS, Kelurahan Atang Senjaya, pada tanggal 5 Oktober 2014; dan di SMK Negeri 1 Cibinong pada tanggal 7 Oktober 2014. Pelaksanaan kurban di Mesjid Nurul Yaqin dilakukan dengan menyembelih 10 ekor domba. Kegiatan ini terlaksana di bawah pengawasan Drh. Erianto Nugroho dan Nofita Nurbiyanti, SKH dari CIVAS. Sementara itu pelaksanaan kurban di SMK Negeri 1 Cibinong dilakukan dengan penyembelihan 3 ekor sapi, 7 ekor domba dan 1 ekor kambing. Kegiatan kurban ini diawasi oleh Drh. Riana Arief dan Nofita Nurbiyanti, SKH.

Kegiatan pemeriksaan antemortem di kedua lokasi memastikan semua hewan sehat dan layak untuk disembelih. Hasil pemeriksaan postmortem menyimpulkan semua daging dan sebagian besar organ dalam layak dikonsumsi. Kelainan pada organ dalam utamanya ditemukan pada hati dan selanjutnya bagian organ tersebut dibuang karena tidak layak dikonsumsi. Panitia pemotongan juga banyak berdiskusi dengan petugas pemeriksa dari CIVAS sebelum dan selama jalannya kegiatan terkait praktik-praktik pemotongan dan penanganan daging yang baik untuk perbaikan pelaksanaan kegiatan kurban tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Penyuluhan dan diskusi mengenai kesehatan hewan dan keamanan daging kurban juga diberikan kepada siswa SMK Negeri 1 Cibinong yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR). Dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan atau informasi yang lebih lengkap kepada para siswa dan mereka dapat mengambil peran untuk meneruskan informasi tekait cara pemotongan dan penangan kurban yang baik kepada keluarga, atau masyarakat dis ekitarnya **