www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 20 June 2019
IMG_5253

Hari Sayang Satwa dalam Memperingati World Veterinary Day CIVAS 2015

Rabu, 22 April 2015

Oleh: Erianto Nugroho

Pada tanggal 22 – 24 April 2015, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah melaksanakan Pameran Promosi Produk Pertanian dan Peternakan yang bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Jawa Barat II dan Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) yang berlokasi di lapangan Balai Kota Pemkot Depok. Kegiatan pameran dan talk show ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi Kota Depok ke-16. CIVAS berperan aktif dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut, yang juga bertepatan dengan peringatan World Veterinary Day 2015 yang jatuh pada minggu terakhir di bulan April setiap tahunnya.

Dalam kegiatan yang bertema “Hari Sayang Satwa”, CIVAS bersama PDHI juga mengkoordinir kegiatan Talk Show yang terbagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama talk show dengan topik berjudul “Sehat Bersama Hewan Kesayangan”, yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terutama masyarakat Kota Depok terkait dengan kiat dan tips dalam menjaga kesehatan hewan kesayangan, bagaimana pemeliharaan hewan yang bertanggung jawab (Responsible Pet Ownership), informasi seputar penyakit-penyakit hewan/zoonosis yang terkait dengan hewan kesayangan. Pada sesi pertama ini menghadirkan 4 narasumber berpartisipasi dalam talk show sesi ini, yaitu Drh. R. Soenarti D. Waspada, MS, MARS mewakili PDHI Cabang Jabar II sekaligus praktisi hewan kecil, yang menjelaskan mengenai kesehatan hewan kesayangan ditinjau dari sisi medis, Drh. Nurtantio Sitanggang yang mewakili Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok, yang menjelaskan mengenai kebijakan pemerintah terkait pemeliharaan hewan kesayangan, Drh. Erianto Nugroho yang mewakili CIVAS, yang menjelaskan mengenai pemeliharaan hewan yang bertanggung jawab (Responsible Pet Ownership) serta Drh. Sarikit yang mewakili Proplan dan salah satu sponsor dalam kegiatan tersebut, yang menjelaskan mengenai pemilihan pakan hewan kesayangan yang baik. Talk Show ini dimoderatori oleh Drh. Andri Jatikusumah, MSc dari CIVAS dan Drh. Dodi Irwan Suparno dari PT Tunas Daya Veterinaria yang merupakan salah satu sponsor kegiatan.

Sesi kedua talk show dengan topik berjudul “Bagaimana Memilih Pangan Asal Hewan (PAH) yang ASUH?”, yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terutama masyarakat Kota Depok terkait dengan bagaimana memilih pangan asal hewan yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal) dan aspek Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) yang terkait dalam pemilihan, penanganan dan penyimpanan PAH yang baik. Sesi kedua menghadirkan 3 narasumber, yaitu Dr. Med. Vet. Drh. Hadri Latif, MSi yang mewakili CIVAS dan juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor (FKH – IPB), Drh. Agus Triana W. Gati dari PDHI cabang Jabar II yang juga bekerja di Badan Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH), dan Drh. Fetty Dinya yang mewakili Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok. Talk show ini dimoderatori oleh Drh. Ridvana Dwibawa Darmawan dan Nofita Nurbiyanti, SKH dari CIVAS.

Selain menampilkan talk show, CIVAS juga memeriahkan acara dengan mengisi stand yang menampilkan media edukasi mengenai cara pemeliharaan hewan yang bertanggung jawab dan memilih produk hewan yang ASUH dan juga membagikan brosur kepada semua peserta yang hadir pada acara tersebut. Selain itu, CIVAS juga melakukan edukasi untuk anak-anak sekolah dasar mengenai rabies yang dirancang dalam permainan ular tangga dan membuat pojok edukasi untuk sarana membaca komik dan booklet tentang rabies, sehingga anak-anak dapat bermain sambil belajar.***

Tinggalkan Balasan

Hari Sayang Satwa dalam Memperingati World Veterinary Day CIVAS 2015

by Tisna Sutisna time to read: 2 min
0