www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Tuesday, 20 August 2019
http://www.observatorulph.ro/lifestyle/43806-cat-de-periculoasa-este-infectia-cu-candida
Sumber: observatorulph.ro

Penyakit Brucellosis Serang Ternak, Dinas Peternakan Sidoarjo Turun Tangan

Kamis, 5 Maret 2015

Sidoarjo - Pasca temuan penyakit Brucellosis (Keluron) atau penyakit menular yang dapat menyebabkan keguguran pada hewan ternak sapi di beberapa tempat, Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (DP3) Kabupaten Sidoarjo melakukan sidak ke sejumlah peternak di Sidoarjo.

Hewan ternak sapi milik warga, diambil sampel darahnya untuk di uji lab dengan bekerja sama dengan Balai Besar Veteriner Wates Jogjakarta.

Menurut Kabid. Peternakan DP3 Kab. Sidoarjo, drh. Bambang Erwanto hasil temuan ini diketahui setelah pihak DP3 Kab. Sidoarjo melakukan sidak pada bulan juni 2014 yang lalu. “Uji lab akan dilakukan melalui pengecekan pada makanan dan kotoran ternak sapi,” ucapnya Kamis (4/3/2015).

Dia memaparkan, penyakit Brucellosis dapat diketahui ketika sapi hamil berusia enam bulan, yang kemudian sapi betina mengalami keguguruan pada kandungannya. Selain menular pada sesama hewan ternak sapi, penyakit Brucellosis ini juga berbahaya bagi manusia apabila hasil susu sapi perah dan dagingnya di konsumsi.

“Dampak paling berbahaya dari mengkonsumsi organ dalam hewan sapi berbakteri Brucellosis ketika ibu hamil mengkonsumsinya, bisa menyebabkan keguguran juga. Jika di konsumsi pada laki-laki bisa menyebabkan infeksi pada buah zakar,” terangnya.

Bambang mengemukakan, temuan itu terdapat pada sapi perah jenis betina di kandang sapi milik Umar Amin Krian. Sebanyak enam ratus ekor sapi dan 19 ekor sapi di nyatakan positif terjangkit penyakit brucellosis. “Bakteri Brucellosis merupakan penyakit pada sapi yang bisa menular pada manusia atau tergolong zoonosis,” tukasnya.

Terpisah, Edy pengelola ternak sapi ini berkilah bahwa sapi-sapi milik Umar Amin telah terjangkit penyakit brucellosis. “Sebab sebelum ternak didatangkan, dilakukan penyuntikan antibiotik terlebih dahulu,” kilahnya. (Reporter: M. Ismail)

Tinggalkan Balasan

Penyakit Brucellosis Serang Ternak, Dinas Peternakan Sidoarjo Turun Tangan

by Tisna Sutisna time to read: 1 min
0