www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Monday, 25 March 2019
annjing rabies sedang di tangkap warga

Bali Waspadai Rabies, 120 Orang Dilatih Menangkap Anjing

Kamis, 12 Februari 2015

DENPASAR - Sebanyak 120 orang petugas kesehatan yang terbagi menjadi 20 tim penanggulangan penyakit rabies di Bali mengikuti pelatihan persiapan melaksanakan vaksinasi massal di empat zona merah pada pertengahan April 2015.

“Pelatihan dilakukan empat hari (10-13 Februari 2014) dan 20 tim itu bertugas di zona merah, untuk mengeleminasi kasus rabies,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali, Drh. I Ketut Gd Nata Kesuma, MMA di Denpasar, Kamis (12/2/2015).

Upaya pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan petugas saat di lapangan baik dalam proses penangkapan dan vaksinasi anjing liar maupun dalam mendorong partisipasi masyarakat.

Nata menuturkan dalam satu tim tersebut beranggotakan enam orang yang terdiri dari satu orang dokter hewan atau vaksinator, pencatat (satu), dan pertugas menangkap anjing (empat), sedangkan keseluruhan ada 20 tim.

“Hal terpenting, kami segera mempersiapkan tim vaksinasi (e-tim) yang khusus bertugas menangkap anjing liar untuk divaksinasi,” ujarnya.

Untuk petugas yang dikerahkan dalam melakukan vaksinasi massal yang berada di daerah zona merah tersebut yakni Kabupaten yang tahun lalu banyak terjadi kasus rabies aktif.

“Dalam satu tim itu, keenam orang ini lah yang bertugas memvaksinasi anjing liar tersebut,” katanya.

Ia mengatakan daerah yang menjadi fokus utama dalam melakukan vaksinasi masal tersebut yakni di daerah Batu Baang, Kabupaten Karangasem, Bali. Kemudian, Desa Tegalalang (Gianyar), Posanten (Negara), dan Nusa Dua (Badung).

Hal terpenting yang menjadi fokus utama dalam penyelenggaraan vaksinasi massal itu adalah bagaimana peran aktif masyarakat ikut menjaga kesehatan hewan yang dipelihara dan diliarkan.

“Ketika masyarakat terlibat dalam pengawasan populasi anjing liar itu tidak ternilai kontribusinya untuk menekan kasus rabies di Bali saat ini,” ujarnya. (Editor: Miftahul Ulum)

 

Sumber: Antara

Tinggalkan Balasan

Bali Waspadai Rabies, 120 Orang Dilatih Menangkap Anjing

by Tisna Sutisna time to read: 1 min
0