www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Saturday, 17 August 2019
Pengendalian Rabies

Diego Tewas Usai Digigit Anjing

Rabu, 16 Juli 2014

BITUNG – Kasus rabies hingga merenggut korban jiwa menimpa Diego Rompis (6), warga Kelurahan Aertembaga I, Kecamatan Aertembaga. Informasi yang disampaikan H Tindatu, Pengelola Program Rabies di Dinas Kesehatan Kota Bitung, peristiwa rabies yang menimpa Diego setelah sebelumnya digigit anjing.

“Dia (korban) digigit anjing saat berada di Likupang, Minahasa Utara, setelah kembali ke Bitung awalnya dia mengalami deman panas tinggi kemudian kejang-kejang hingga meninggal dunia,” tutur Tindatu di ruang kerjanya, Selasa (15/7/2014).

Pasca-peristiwa tersebut, pihaknya langsung melakukan tindakan dengan memvaksin orang-orang terdekat korban agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami vaksin tiga orang, masing-masing kedua orangtuanya dan oma korban. Peristiwa ini jelas positif rabies, karena dari gejala yang ditunjukkan jelas, anjingnya mati dan orang yang digigitnya mati,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung, dr Vonny Dumingan menjelaskan, hewan-hewan yang rentan terkena rabies seperti anjing, kelelawar, tikus dan kucing dengan cara menggigit manusia.

“Untuk membuktikan positif rabies atau tidak harus dipotong kepala untuk diperiksa ke laboratorium,” ujar Vonny.

Untuk itulah dia mengimbau kepada masyarakat yang memiliki anjing peliharaan agar menjaga dan merawat dengan baik, jangan sampai bergaul dengan anjing liar atau anjing yang keluyuran di jalan-jalan.

“Jika terjadi kasus gigitan anjing, segera lapor untuk divaksinasi, bagi mereka yang digigit langsung dicuci luka gigitannya dengan air mengalir dan deterjen sebagai pertolongan pertama kemudian periksa lukanya, kemudian segera divaksin di puskesmas terdekat,” kata dia.

Dia menambahkan, kasus gigitan anjing, harus diperhatikan masyarakat yang memiliki atau punya anjing peliharaan jangan dibunuh, jangan dihilangkan, harus rawat sampai 14 hari, jika tidak mati berarti aman.

“Kalau dia mati segera bawa ke fasilitas kesehatan untuk dirawat lalu diberikan vaksin,” ujar Vonny menandaskan. (crz)

Sumber: TRIBUNNEWS.COM

Tinggalkan Balasan

Diego Tewas Usai Digigit Anjing

by Vana time to read: 1 min
0