Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Friday, 20 October 2017
Tetelo Penyebab Ratusan Ayam Mati di Sukabumi
Ayam (ilustrasi)

Tetelo Penyebab Ratusan Ayam Mati di Sukabumi

Senin, 24 Februari 2014

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI-Hasil penelitian laboratorium yang dilakukan Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi terhadap ratusan ekor ayam yang mati mendadak di Desa Ubrug seluruhnya negatif flu burung.

“Kematian mendadak ayam kampung milik warga di Desa Ubrug, Kecamatan Warungkiara tersebut disebabkan oleh penyakit tetelo atau Newcastle Disease (ND) sehingga tidak berbahaya bagi warga, namun masyarakat tetap harus menjaga kebersihan kandang ayamnya tersebut,” kata Kepala Disnak Kabupaten Sukabumi, Abdul Kodir, Senin.

Menurut Abdul, dari hasil pemantauan dan pendataan yang dilakukan pihaknya sejak Sabtu, 22/2 sampai saat ini tidak ada lagi ayam kampung atau jenis unggas lainnya milik warga yang mati mendadak. Diduga, matinya unggas-unggas tersebut akibat pengaruh cuaca dan kurang higienisnya kandang.

Selain itu, banyaknya unggas yang mati mendadak tersebut disebabkan oleh kandang yang tidak terpelihara sehingga rentan terserang penyakit ditambah makanan yang diberikannya pun kurang baik untuk daya tahan tubuh ayam-ayamnya.

“Walaupun demikian kami tetap melakukan pemantauan terhadap daerah rawan penyebaran penyakit unggas khususnya kecamatan yang memiliki sentra ternak unggas, walaupun di Desa Ubrug tidak ada peternakan, tetapi tidak menutup kemungkinan ada penyakit unggas bisa menular dengan cepat jika kondisi lingkungan dan cauca kurang mendukung,” tambahnya.