Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Saturday, 24 June 2017
Subtipe Flu Burung Kembali Muncul di Hongkong

Subtipe Flu Burung Kembali Muncul di Hongkong

Senin, 30 Desember 2013

Hongkong (AFP/Antara)-Seorang pria lanjut usia terkena flu burung jenis ringan dalam kasus pertama dari jenisnya dalam empat tahun terakhir, kata pejabat Hongkong, Senin. “Kami saat ini sedang menyelidiki sebuah kasus flu A H9N2 pada manusia yang sudah dikonfirmasi, menginfeksi seorang pria berusia 86 tahun, ”kata Leung Ting-hung, pengendali Centre for Health Protection (Pusat Perlindungan Kesehatan) di Hongkong, kepada reporter.

H9N2 adalah sebuah subtipe flu burung yang sebagian besar menginfeksi bebek dan ayam, namun bisa juga menular pada manusia, menyebabkan gejala-gejala ringan. Di bawah undang-undang Hongkong, kasus infeksi semacam itu harus dipublikasikan, menurut Leung.

Sejak 1999 Hongkong melaporkan tujuh kasus serupa dengan laporan terakhir pada 2009, kata Leung. Sang pasien, yang tinggal di kota Shenzhen, Cina selatan yang menjadi perbatasan Hongkong, didiagnosis dengan penyakit tersebut setelah kembali dari Hongkong pada Sabtu.

Saat ini dia dalam keadaan stabil dan dirawat di ruang isolasi. “Saat suhunya lebih dingin dalam beberapa pekan terakhir, kami memperkirakan mungkin ada banyak kasus flu burung yang terdeteksi, ”kata Leung.