www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Monday, 9 December 2019
Chicken

Kena Flu Burung, Ratusan Ayam Mati Mendadak

Sabtu, 7 Juli 2012

Sulbar – Ratusan ekor ayam milik peternak di Kelurahan Pekkabata, Kabupaten Polewali Mandar, ditemukan mati mendadak, Jumat (6/7/2012). Padahal sebelumnya, ayam-ayam tersebut terlihat sehat.

Kepala Dinas Peternakan Polewali Mandar, Basir Halim menyatakan, kematian ayam milik peternak di Kelurahan Pekkabata diduga disebabkan flu burung. “Dari hasil pemeriksaan petugas kami di lapangan dipastikan sejumlah ayam yang diperiksa itu mati karena terjangkit flu burung,” ujar Basir saat dihubungi via ponselnya, Jumat (6/7/2012) sore tadi.

“Dari hasil pemeriksaan petugas kami di lapangan dipastikan sejumlah ayam yang diperiksa itu mati karena terjangkit flu burung”

Menurutnya, minimnya kesadaran peternak dan warga tentang tata cara membuang ayam yang mati akibat flu burung, ditenggarai penyebab penyebaran penyakit ini ke tempat baru. Agar flu burung tidak mengancam ternak lain dan manusia, petugas Dinas Peternakan saat ini telah membagikan disinfektan kepada peternak yang ayamnya terjangkit flu burung.

Namun upaya mencegah penyebaran flu burung oleh Dinas Peternakan dianggap kurang efektif. Salah satu peternak ayam tradisional di Pekkabata, Sulfikar menilai upaya penyemeprotan disinfektan hanya terbatas di kandang warga yang sudah positif flu burung. Seharusnya, penyemprotan dilakukan dalam radius 1 kilometer dari lokasi kejadian. Sulfikar mengaku khawatir banyak peternak yang membuang ayam-ayam mereka yang mati mendadak di kebun dan sungai. (Junaedi | Editor: Farid Assifa)

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Kena Flu Burung, Ratusan Ayam Mati Mendadak

by civas_admin time to read: 1 min
0