Vets for a Better Life
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Friday, 29 March 2024
Chicken Flock

Puluhan Ayam Di Nunukan Mati Mendadak

Kamis, 7 Juni 2012

This post is also available in: English

Nunukan – Puluhan ekor ayam di Jalan Bhayangkara Gang Flamboyan, RT 04, Kelurahan Nunukan Tengah, Nunukan, Kalimantan Timur, tiba-tiba mati mendadak. Diduga ayam tersebut mati karena terserang avian influenza (AI) yang dapat menjadi flu burung jika menular pada manusia.

Dokter hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Nunukan (Dispertanak) Nunukan, Rais mengatakan, dari gejala yang ditemui pada ayam yang mati tersebut, diduga ayam-ayam itu telah terserang AI. Namun untuk memastikannya, pihaknya masih menunggu hasil laboratorium.

Sepintas ayam yang terjangkit AI memang memiliki gejala mirip dengan tetelo. Namun menurutnya, tetelo hanya menyerang alat pernafasan, susunan dan jaringan syaraf serta alat-alat reproduksi.

“Diduga AI, karena itu kan pada ayam. Kalau flu burung sudah pada manusia. Untuk mengatakan 100 persen AI, itu kita menunggu lab. Alat yang kita gunakan baru indikasi awal. Positifnya tergantung hasil laboratorium,” ujarnya.
Terkait dugaan penyebaran AI dimaksud, pihaknya meminta supaya masyarakat di sekitar lingkungan itu agar mengandangkan ayamnya. Ayam-ayam ini diharapkan tidak berkeliaran di lingkungan masyarakat sambil menunggu hasil laboratorium dari Dispertanak Nunukan.

Untuk sementara ini, langkah yang dilakukan Dispertanak Nunukan dengan melakukan penyemprotan pada kandang ayam tersebut. Selain itu memberikan vaksin AI kepada ayam agar tidak menularkan kepada manusia.

Rais mengimbau warga tidak panik dan menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus tersebut kepada Dispertanak Nunukan. (Tribunnews.com | Editor: Farid Assifa)

Tinggalkan Balasan

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.

Puluhan Ayam Di Nunukan Mati Mendadak

by civas_admin time to read: 1 min
0