www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Sunday, 21 July 2019
Culling begins as Bird flu resurfaces at Tripura - India

Flu Burung, 242 Unggas Di Denpasar Dimusnahkan

Kamis, 26 April 2012

Denpasar – Kasus flu burung di Bali terus meluas. Setelah 2 hari lalu seorang bocah 8 tahun asal Bangli meninggal akibat mengidap flu burung, maka Kamis (26/4/2012) ini sebanyak 242 unggas yang positif flu burung di Pasar Burung Satria, Denpasar dimusnahkan Dinas Peternakan Provinsi Bali.

“Pemusnahan unggas terbatas itu kami lakukan setelah petugas yang melakukan penyemprotan menemukan dua ekor ayam di pasar tersebut yang mati dan setelah di tes ternyata hasilnya positif terserang flu burung,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali, I Putu Sumantra, usai pemusnahan.

Kasus flu burung ini berawal dari ditemukannya 3 ayam mati mendadak di Banjar Samping Buni, Pemecutan Klod, Denpasar, Senin lalu. Setelah dilakukan rapid tes, ketiga ayam tersebut positif flu burung.

Wiranata pemilik ayam tersebut memberi tahu petugas Disnak bahwa ia membeli ayam di pasar Satria hari Minggu (22/4/2012) lalu. Petugas Disnak kemudian melakukan pengendalian virus H5N1 dengan penyemprotan disinfektan di Pasar Unggas Satria.

Di sela-sela penyemrpotan ini Tim dari Disnak menemukan dua bangkai ayam jago yang telah membusuk. Setelah dites menunjukkan positif flu burung, petugas langsung mengambil kebijakan untuk memusnahkan 242 unggas yang terdiri dari 231 ayam dan 11 bebek di sekitar lokasi penemuan ayam mati tersebut.

Terkait ganti rugi kepada pedagang yang unggasnya dimusnahkan Disnak Provinsi Bali menyerahkan hal tersebut kepada Disnak Kota Denpasar. (Muhammad Hasanudin | I Made Asdhiana)

Tinggalkan Balasan

Flu Burung, 242 Unggas Di Denpasar Dimusnahkan

by civas_admin time to read: 1 min
0