www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Tuesday, 25 June 2019

Ratusan Ayam di Parang Banua, Gowa, Positif Terjangkit Virus H5N1

Selasa, 28 Februari 2012

Sungguminasa – Penyebaran virus avian influenza(AI) atau flu burung di Kabupaten Gowa, meluas. Setelah mewabah di Desa Kunjungmae,Kecamatan Pallangga, kini H5N1 menjangkiti ratusan ayam milik warga Kelurahan Parang Banua, Kecamatan Pallangga, yang mati mendadak sejak tiga hari lalu.

Selain ayam, belasan warga terindikasi tertular flu burung dengan gejala demam tinggi dan batuk dan sesak napas.Seorang di antaranya Rusdi Dg Mile terindikasi terkena flu burung dan dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Sungguminasa. Rusdi kemudian dirujuk ke RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Rahmawati, warga Parang Banua, mengatakan, warga yang menderita demam tinggi ini mirip gejala penderita flu burung.

“Warga setempat panik dan meminta pemerintah segera turun tangan,” kata dia,kemarin. Kepala Dinas Peternakan, Kelautan,dan Perikanan (PKP) Gowa Muhlis mengatakan, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan vaksin terhadap ayam milik warga.“Kami sudah menyemprotkan desinfektan semua kandang ayam di lokasi yang terindikasi terjangkit flu burung,”kata dia.

Berdasarkan rapid tes sampel darah ayam yang mati mendadak, positif terjangkit virus flu burung. Karena itu, Dinas PKP Gowa langsung mengisolasi lokasi tersebut selama satu bulan.Warga juga diberi obat antibiotik untuk mencegah penyebaran flu burung lebih luas. “Unggas yang mati mendadak positif terkena flu burung,” ujar dia.

Flu burung menjangkiti ratusan ayam di Desa Kunjungmae, Kecamatan Pallangga, dan menyebabkan lima warga sakit terindikasi AI. Kelima warga itu,yakni Suci Maharani (3 bulan), Suci Ramadani (7 bulan), Surti (32), M Agung (6), dan Marsanaini (39).Kelima warga Desa Kunjungmae ini dirawat di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar. (Baharuddin)

Sumber : Sindo

Tinggalkan Balasan

Ratusan Ayam di Parang Banua, Gowa, Positif Terjangkit Virus H5N1

by boghen time to read: 1 min
0