www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Sunday, 18 August 2019

Kegiatan Penyuluhan “Keamanan Pangan untuk Kesejahteraan Bangsa” dalam rangka Ulang Tahun CIVAS Ke-6

Rabu, 9 November 2011

Dalam rangka memperingati ulang tahun Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) yang ke-6, CIVAS mengadakan rangkaian kegiatan penyuluhan yang bertema “Keamanan Pangan untuk Kesejahteraan Bangsa”. Kegiatan ini diadakan untuk menyambut datangnya hari raya Idul Adha 1432H di mana banyak masyarakat membeli hewan ternak untuk kurban, melakukan pemotongan sendiri, dan mengkonsumsi daging serta jeroan. Tujuan kegiatan adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tata cara pemilihan hewan dan pengelolaan daging kurban serta cara memilih dan mengolah daging secara umum yang baik. Tiga sasaran utama kegiatan adalah masyarakat umum, pengurus DKM, ibu-ibu PKK dan rumah tangga. Kegiatan penyuluhan dilakukan melalui siaran radio, penyuluhan langsung, penyebaran leaflet di pasar, dan pemeriksaan hewan kurban.

Penyuluhan kepada masyarakat umum melalui radio RRI Pro 1 FM (93.75 FM) dilakukan pada hari Senin, 31 Oktober 2011 dengan menghadirkan narasumber Drh. Erianto Nugroho dari CIVAS dan Drh. R. Bambang Arif MW, MM dari Dinas Pertanian Kota Bogor. Pada kesempatan ini CIVAS memberikan saran-saran pemilihan hewan kurban yang baik serta proses pemeriksaan sederhana yang bisa dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan kurban secara umum. Selain itu, sempat didiskusikan juga beberapa hal mengenai penyakit hewan pada kesempatan tersebut.

Selain masyarakat, CIVAS bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor dan LPPOM MUI juga memberikan penyuluhan khusus kepada Pengurus DKM dan petugas desa se-Kecamatan Kemang agar penanganan dan penyembelihan hewan serta pengelolaan daging dan jeroan kurban dapat berlangsung dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah kesehatan dan kesejahteraan hewan. Penyuluhan ini dilakukan pada hari Kamis, 3 November 2011 di Kantor Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor dengan pembicara Drh. Andri Jatikusumah, MSc dari CIVAS, Drh. Hardi Hendriwan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, dan H. Romli Eko Wahyudi, SKH, MSi dari LPPOM MUI Kabupaten Bogor. Penyuluhan dihadiri oleh 36 peserta. Pada kesempatan ini, peserta juga diberikan poster “Pemilihan Hewan Kurban” dan “Penyembelihan Hewan dan Penanganan Daging Kurban” untuk dipasang di masjid dan kantor desa masing-masing.

Kepada ibu-ibu PKK dan rumah tangga, penyuluhan diberikan terkait cara memilih dan mengolah daging yang baik. Penyuluhan pertama dilakukan pada hari Jumat, 4 November 2011, kepada 24 ibu-ibu PKK dan RT di Kelurahan Atang Sanjaya, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor dan penyuluhan kedua dilakukan pada hari Selasa, 8 November 2011, kepada 37 orang ibu rumah tangga RT 02 RW 05 Kelurahan Atang Sanjaya atas permintaan warga. Materi penyuluhan disampaikan oleh Nofita Nurbiyanti, SKH dan Drh. Riana A. Arief. Selain penyuluhan, peserta juga diberikan leaflet “Penanganan dan Pengolahan Daging yang Baik” dari CIVAS dan “PEDULI ASUH: Kepedulian untuk Pangan Hewani yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal” dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor. Leaflet “Penanganan dan Pengolahan Daging yang Baik” dari CIVAS juga dibagi-bagikan kepada pengunjung, khususnya ibu-ibu rumah tangga, di 3 pasar utama Kota Bogor, yaitu Pasar Bogor, Pasar Anyar, dan Pasar Warung Jambu pada hari Jumat, 4 November 2011.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat mengetahui cara menangani dan mengolah daging yang baik.
Terakhir, pada hari Minggu, 6 November 2011, perwakilan dari CIVAS, yaitu Drh. Sunandar dan Drh. Riana A. Arief, melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem hewan kurban untuk Masjid Nurul Yaqin RT 02 RW 05 Kelurahan Atang Sanjaya, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. CIVAS juga memberikan sumbangsih sarung tangan dan celemek sekali pakai untuk meningkatkan higiene sanitasi petugas penanganan daging kurban. Hewan kurban tahun ini mencakup 1 ekor sapi, 2 ekor kambing, dan 18 ekor domba. (rie)

Tinggalkan Balasan

Kegiatan Penyuluhan “Keamanan Pangan untuk Kesejahteraan Bangsa” dalam rangka Ulang Tahun CIVAS Ke-6

by boghen time to read: 2 min
0