www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 22 August 2019

Flu Burung Serang Bone

Jumat, 14 Oktober 2011

Watampone – Virus flu burung menyerang ayam milik warga di Kota Watampone. Serangan virus avian influenza (AI) ini dilaporkan warga Lingkungan Ponceng, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang, kepada petugas kesehatan hewan, kemarin. Virus yang juga dikenal dengan H5N1 ini menyerang ayam ketawa yang dipelihara warga.

Warga Ponceng,Musbir, mengatakan, warga melaporkan kasus tersebut karena ayam tiba-tiba mati dalam jumlah banyak, padahal sebelumnya tidak ada tanda-tanda penyakit. Jumlah ayam yang mati beberapa hari terakhir ini diakui sudah puluhan ekor. Tamsi, salah satu peternak ayam ketawa, menuturkan, delapan ekor ayamnya mati dalam satu waktu. Dia mengaku, ayam peliharaannya tidak memperlihatkan gejala sakit. Kerugian warga akibat flu burung ini tergolong besar karena harga seekor ayam ketawa bisa mencapai Rp1 juta per ekor.

Ayam ketawa merupakan ayam yang sering diikutkan lomba karena suaranya yang menyerupai suara ketawa manusia. Sesaat setelah menerima laporan, petugas Pos Kesehatan Hewan (Poskeswan) Bojong langsung turun ke lokasi melakukan pemeriksaan dengan alat rapid test dan anigen AIV. Setelah diperiksa Kepala Poskeswan Bojong, drh Konni, diketahui bahwa kematian ayam ketawa tersebut positif karena flu burung. Menurut dia, tindakan yang harus dilakukan terhadap bangkai ayam mati adalah membakarnya segera kemudian dikubur. Dia meminta ayam yang sakit tidak dikonsumsi karena flu burung bisa menular kepada manusia melalui daging atau darah.

Warga diminta mewaspadai flu burung karena Bone termasuk daerah endemi flu burung. Cara sederhana yang bisa dilakukan warga adalah mengandangkan ternak ayamnya atau memberi vaksin setiap tiga bulan . Begitupun saat membeli ayam di pasar, harus dipisahkan dengan ayam piaraan untuk memastikan ayam itu bebas penyakit. Kasus ayam mati mendadak di Bone sudah beberapa kali terjadi. Namun, beberapa kejadian sebelumnya tidak ditemukan kasus virus flu burung. (yos naiobe)

Sumber : Seputar Indonesia

Tinggalkan Balasan

Flu Burung Serang Bone

by boghen time to read: 1 min
0