www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Wednesday, 18 September 2019

Ternak di Jatim dan Jateng Terbanyak di Indonesia

Jumat, 1 Juli 2011

Semarang – Hasil olah cepat yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan jumlah sapi dan kerbau di Jateng terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Timur.

“Hasil olah cepat sensus sapi dan kerbau, total ternak di Jateng 2,14 juta ekor atau berada di urutan kedua setelah Jawa Timur yang jumlah tenaknya mencapai 4,73 juta ekor,” kata Direktur Statistik Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan BPS, Nyoto Widodo, di Semarang, Jumat (1/7).

Secara rinci, jumlah ternak di Jateng, yakni sapi potong (1,92 juta ekor), sapi perah (150 ribu ekor), dan kerbau (75 ribu ekor) atau totalnya 2,14 juta ekor.

Di Jawa Timur, jumlah sapi potong (4,50 juta ekor), sapi perah (278 ribu ekor), dan kerbau (30 ribu ekor) atau total 4,73 juta ekor.

Sementara tingkat nasional, sapi potong (14,29 juta ekor), sapi perah (570 ribu ekor), dan kerbau (1,26 juta ekor) atau totalnya 16,12 juta ekor.

“Jumlah hasil olah cepat tersebut, sama dengan hasil registrasi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun 2010 yang mencatat 16,14 juta ekor,” katanya.

Hasil olah cepat tersebut, lanjut Nyoto, belum final dan hasil sensus ternak (sapi dan kerbau) secara resmi baru akan diumumkan pada akhir Juli 2011.

“Untuk hasil sensus secara lengkap seperti usia ternak dan jenis kelamin ternak baru akan disampaikan kepada masyarakat pada November 2011,” demikian Nyoto.

Dalam kesempatan sama Kepala BPS Jateng, Lukito Praptoprijoko, menambahkan bahwa ada tiga daerah di Jateng yang menjadi sentra ternak sapi dan kerbau, yakni di Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Boyolali. (Ant/Ol-3)

Sumber : Media Indonesia

Tinggalkan Balasan

Ternak di Jatim dan Jateng Terbanyak di Indonesia

by boghen time to read: 1 min
0