Vets for a Better Life
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Monday, 21 September 2020

Harga Ayam Melambung Akibat Pakan dan Penyakit

Rabu, 22 Juni 2011

Palangkaraya – Harga daging ayam baik ayam negeri (ras) dan ayam kampung dalam dua pekan terakhir di Kota Palangkaraya, Kalteng terus melambung.

Untuk harga ayam negeri di sejumlah pasar tradisional yang semula Rp. 22.000 per kilogram (kg), saat ini naik hingga 125 persen yakni sudah mencapai harga Rp30.000 per kg. Sedangkan, ayam kampung dari harga Rp 35.000 per kg naik menjadi Rp 50.000 per kg.

Dari pemantauan di Pasar Kahayan, Kota Palangkaraya, Selasa (21/6), rata-rata para pedagang menjual daging ayam mereka bervariasi antara Rp. 30.000 per kg dan Rp. 31.000 per kg.

Rasid, pedagang ayam potong ketika ditemui mengatakan bahwa, kenaikan harga ini disebabkan karena harga beli dari pemasok juga mengalami kenaikan. Kenaikan harga dari pemasok ini terjadi hampir setiap hari yakni ada yang langsung Rp. 2.000 setiap hari per kg dan ada yang Rp. 1.000 setiap harinya.

“Dan, kami terpaksa menjualnya juga menaikan harga itu sesuai harga dari pemasok. Kenaikan ini menurut para pemasok daging ayam karena peternak membeli pakan ayam juga mengalami kenaikan, jadi harga daging ayam juga ikut naik, selain itu peternak beralasan biaya pemeliharaan juga naik,” ujarnya.

Sedangkan kenaikan harga ayam kampung disebabkan susahnya mencari ayam kampung yang dalam satu bulan terakhir ini telah mewabah karena flu burung Kota Palangkaraya yang menyerang ratusan ayam kampung.

“Sehingga untuk memdapat ayam kampung yang sehat dan aman untuk kami jual sangatlah susah kalaupun ada harganya mahal,” jelas dia.

Secara terpisah menurut Yatno, pedagang pakan ternak di jalan Halmahera Palangkaraya mengakui, memang sejak awal bulan ini (Juni) harga pakan ternak mengalami kenaikan untuk per sak isi 100 kg (1 kwintal). Harga yang sebelumnya Rp. 245.000 per sak, mengalami kenaikan menjadi Rp. 285.000 per sak.

“Kenaikan harga ini sudah terjadi sejak bulan Febuari lalu, dimana tiap bulan mengalami kenaikan Rp. 10.000 per sak. Kita tak tahu mengapa mengalami kenaikan, yang jelas dari agennya juga naik,” ujar Yatno. (Surya Sriyanti|OL-12)

Sumber : Media Indonesia

Tinggalkan Balasan

Harga Ayam Melambung Akibat Pakan dan Penyakit

by boghen time to read: 1 min
0