Vets for a Better Life
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 28 March 2024

Penyakit Cikungunya Mewabah di Temanggung

Selasa, 10 Mei 2011

This post is also available in: English

Temanggung – Kasus cikungunya di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tergolong tinggi, karenanya perlu diwaspadai. Hal ini disebabkan intensitas dan curah hujan tinggi yang terus mengguyur daerah ini.

Berdasarkan data di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Temanggung, untuk 2011 hingga awal Mei ini tercatat ada sebanyak 43 kasus cikungunya menyerang warga daerah ini. Sedangkan, data sepanjang 2010 lalu, lantaran cuaca ekstrem, kasus cikungunya mencapai 826 kasus.

“Sepanjang 2010 memang kasusnya tinggi sekali,sampai 826 kasus. Kalau 2011 ini, data di kami ada 43 kasus. Kebanyakan itu di Kecamatan Kaloran,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Temanggung dr.Edy Rakhmatto, Selasa (10/5), di Temanggung.

Tingginya kasus cikungunya diakui Kepala Perawat RSUD Djojonegoro Temanggung Rejono. Sepengetahuannya, pekan lalu bahkan ada satu ruangan penuh, yakni Seruni, yang dihuni anak-anak penderita cikungunya.

“Saya lupa jumlahnya ada berapa. Tapi itu anak-anak semua di bangsal Seruni. Ini kasus cikungunya masih tinggi soalnya masih musim hujan,” kata Rejono. (Tosiani /OL–11)

Sumber : Media Indonesia

Tinggalkan Balasan

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.

Penyakit Cikungunya Mewabah di Temanggung

by boghen time to read: 1 min
0