www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Sunday, 18 August 2019

Flu Burung Mulai Serang Dumai

Jumat, 18 Maret 2011

Dumai – Sejumlah wilayah di Kabupaten Bengkalis, Riau, saat ini mulai dijangkiti virus mematikan jenis H5N1 atau flu burung yang telah menyebabkan matinya ternak unggas milik warga.

“Dari rentetan kasus unggas mati mendadak yang masuk ke dinas sejak akhir Februari 2011, beberapa diantara dinyatakan positif flu burung dan masyarakat waspada agar tidak sampai berjangkit pada manusia,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkalis, Ahmad Ramli, di Bengkalis, Kamis (17/3/2011).

Ahmad Ramli mengatakan, hasil survei yang dilakukan pihaknya dalam beberapa hari terakhir menyatakan sejumlah wilayah di Bengkalis, seperti Kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan, sangat rentan terhadap penyebaran flu burung.

“Kondisi ini karena selain banyak terdapat peternak unggas, dua kecamatan ini juga sempat terdeteksi ayam yang positif flu burung,” jelasnya

Temuan unggas positif terjangkit H5N1 itu kata Ramli, ditemukan setelah tim dari pihaknya turun kelapangan untuk mengecek sejumlah ayam ternak milik warga di Bengkalis dan Bantan.

“Hasil pengujian sample dilapangan menyatakan, lima dari puluhan ekor yang di periksa positif flu burung,” kata dia.

Atas temuan virus yang dapat menjangkit manusia ini, ucap dia, disnak mengimbau agar warga waspada terhadap penyebarannya dengan pola hidup sehat, bersih, dan tidak meliarkan unggas peliharaan.

“Selain itu, kita juga meminta agar warga bertindak cepat dengan melaporkan segera kasus-kasus kematian unggas secara mendadak ke instansi terkait atau pemerintah kelurahan setempat,” imbuhnya.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Peternakan, temuan flu burung di Bengkalis tahun ini relatif kecil dibandingkan tahun sebelumnya (2010), dimana disnak setempat berhasil mendeteksi sedikitnya 30 ekor unggas positif flu burung dari ratusan ayam yang dikabarkan oleh warga mati mendadak. (ANT | Ed: Benny N Joewono)

Sumber : Kompas

Tinggalkan Balasan

Flu Burung Mulai Serang Dumai

by boghen time to read: 1 min
0