Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Saturday, 18 August 2018

Seminar Nasional One World One Health

Selasa, 18 Mei 2010

Pentingnya Persatuan Profesi Kesehatan Hewan Untuk Mewujudkan Kesehatan Manusia Seutuhnya
Dramaga-8 May 2010, Seminar Nasional One World One Health (OWOH) dilaksanakan oleh Divisi Pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Intitut Pertanian Bogor (IPB) bertempat di Auditorium Rektorat Andi Hakim Nasution, IPB. Seminar ini mengangkat tentang pentingnya persatuan profesi kesehatan untuk mewujudkan kesehatan manusia seutuhnya. Empat narasumber pada seminar ini adalah Dr. Drs. Tri Krianto, MScPH dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, dr. Lelitasari, MKK. praktisi Puskesmas di Kota Bogor, Drh Wiwiek Bagja, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI) dan Muria Robert dari Multi Species Education International (MEI).

Secara umum keempat nara sumber mempresentasikan bagaimana pentingnya kerjasama antar sektoral untuk semua profesi seperti dokter, dokter hewan, ahli kesehatan masyarakat, konservasi, guru, dan profesi lainnya dalam mewujudkan kesehatan manusia. Konsep OWOH yang kemudian berkembang menjadi One World One Health One Medicine (OWOHOM), pada mulanya diprakarsai oleh berbagai organisasi kesehatan dunia dan berbagai perwakilan organisasi lainnya untuk menjawab tantangan dunia terhadap keadaan dunia saat ini, seperti perpindahan manusia yang sangat cepat, perambahan hutan, perubahan iklim global (climate change) yang merupakan beberapa faktor yang mendukung timbulnya emerging infectious disease (EID) dan re-emerging infectious disease (RID). Untuk itu, semua elemen dituntut dalam mencari solusi secara global dalam menghadapi permasalahan tersebut. Globalisasi dunia saat ini memungkinkan penyakit dapat berpindah ke belahan dunia lain dalam waktu kurang dari 24 Jam. Hal ini menuntut semua negara untuk berpikir secara global bahwa permasalahan kesehatan suatu negara merupakan permasalahan dunia yang harus menjadi perhatian semua negara, karena dapat menyebar ke-negara lain (trans-boundary diseases). Inilah yang menjadi dasar terbentuknya konsep OWOH.

Dasar pemikiran OWOH adalah tidak ada satupun keilmuan/displin ilmu atau sektor masyarakat yang mempunyai pengetahuan serta sumber daya yang cukup untuk mencegah penyakit-penyakit baru muncul atau muncul kembali ke dunia yang sudah men-global, dan tidak ada satu negara pun yang dapat mengembalikan pola habitat yang hilang dan kepunahan yang diyakini berdampak melemahkan kesehatan manusia dan hewan-hewan.

Berdasarkan pemikiran tersebut, OWOH adalah suatu konsep dengan tujuan untuk mewujudkan kesehatan manusia seutuhnya atas kerjasama semua displin ilmu dan semua profesi.