www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Monday, 22 July 2019

Sosialisasi Rabies di Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi

Kamis, 18 Februari 2010

Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi dan Global Alliance for Rabies Control (GARC) melakukan sosialisasi di berbagai tingkat sekolah dan masyarakat pemburu/pemilik anjing pada khususnya di Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi. Kegiatan ini berlangsung selama ± 1 tahun dimulai dari bulan Desember 2009 dan berakhir Desember 2010. Alasan pemilihan Kecamatan Jampang Tengah karena pada lokasi tersebut pada tahun 2008 terdapat banyak kasus gigitan anjing rabies dan juga korban manusia. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Kecamatan Jampang Tengah dapat menjadi Kecamatan percontohan dalam menanggulangi rabies.

Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa siswi Sekolah Dasar (SD) kelas 5, siswa siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan siswa siswi Sekolah Menengah Umum (SMU) kelas 2. Hal ini dimaksudkan agar para siswa siswi yang telah mendapatkan penyuluhan mengenai rabies pada tahun pertama akan dapat menyampaikan pengetahuan yang diperolehnya kepada adik-adik kelasnya. Selain itu anak-anak sekolah relatif lebih kritis dan akan menerapkan sesuatu yang baru mengenai apa yang telah didapatnya. Bukti nyata dari kegiatan ini tidak dapat dirasakan secara langsung, namun diharapkan dapat membekas dalam ingatan sehingga menjadi lebih mengerti dalam manangani kasus kejadian rabies di masa datang.

Sedangkan untuk masyarakat pemburu/pemilik anjing diharapkan dapat menyadari pentingnya melakukan vaksinasi pada hewan peliharaannya.

Bentuk media yang digunakan adalah presentasi power point, komik dan flash movie untuk anak SD, presentasi power point, booklet dan film kejadian rabies untuk anak-anak SMP dan SMU. Sedangkan untuk masyarakat pemburu/pemilik anjing hanya dilakukan 1 model berupa 2 kali sosialisasi dalam bentuk flip chart dan film kejadian rabies. Sampai dengan saat ini CIVAS telah melakukan sosialisasi di empat sekolah dasar.

Tinggalkan Balasan

Sosialisasi Rabies di Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi

by boghen time to read: 1 min
0