www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Wednesday, 18 September 2019

Pencanangan Program Unggulan Nasional “Peternak Sehat Ternak Sehat”

Senin, 8 Februari 2010

Pada hari Jum’at tanggal 5 Februari 2010 yang bertempat di lokasi peternakan Kelompok Peternak Ayam Kampung Sukabumi (Kepraks) desa Tenjolaya Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi dilaksanakan pencanangan program nasional “Peternak Sehat Ternak Sehat” yang merupakan kerjasama antara Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Pertanian dan didukung oleh Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) yang sejak tahun 2006 – 2008 melakukan kerjasama dengan Kepraks di bidang penelitian tentang pengendalian Avian Influenza (AI) khususnya pada unggas lokal.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, dalam sambutannya, menyatakan bahwa program gerakan nasional ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, terutama masyarakat peternak dan meningkatkan produktivitas peternakan di desa serta mengentaskan kemiskinan melalui model kegiatan keterpaduan program kesehatan dan pertanian. Sedangkan menurut Menteri Pertanian Suswono, dalam sambutannya menyatakan bahwa gerakan nasional `Peternak Sehat Ternak Sehat` sebagai upaya pemerintah untuk melakukan restrukturisasi perunggasan, termasuk unggas yang berada di pedesaan. Restrukturisasi bukanlah pemusnahan, melainkan penataan kembali secara menyeluruh mulai dari sektor hulu, sektor budidaya, sektor hilir, struktur pengembangan dan struktur pembiayaan.

Pada sektor hulu perlu ditata kembali masalah pembibitannya yang belum berjalan, proses sertifikasi pengawasan dan kawasannya, pakan dan vaksinnya serta bahan biologik yang masih tergantung dari impor.

Selain itu, menurut Menteri Pertanian, perlu dilakukan penataan kawasan serta menata usaha budidaya sehingga dapat menerapkan `Good Farming Practice`. Selama ini struktur budidaya unggas masih rawan penularannya dan menjadi sumber penyakit, sehingga diterbitkanlah peraturan penataan pemeliharaan unggas di pemukiman dan restrukturisasi perunggasan untuk dijadikan sebagai pedoman. Dengan pedoman tersebut pemerintah bersama peternak dan semua pemangku kepentingan yang terkait diharapkan dapat mengatasi penyakit infeksi baru pada hewan yang dapat menyerang manusia atau penyakit zoonosis, seperti flu burung (Avian Influenza).

Setelah pencanangan di Sukabumi, gerakan nasional ini akan menjadi gerakan beternak unggas lokal sehat secara berkelanjutan di 23 provinsi. Prof. Tjandra Yoga Aditama, Dirjen Direktur Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Kementerian Kesehatan, mengatakan Program Bersama Peternak Sehat, Ternak Sehat ini, baru pertama kalinya dilakukan di di Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan program terpadu kesehatan masyarakat dan kesehatan hewan, sejalan dengan konsep terbaru OWOH [one world one health].

Tinggalkan Balasan

Pencanangan Program Unggulan Nasional “Peternak Sehat Ternak Sehat”

by boghen time to read: 1 min
0