Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Wednesday, 28 June 2017
pengambilan-sampel-darah-bebek

Kegiatan Lapang Studi Itik Angon Longitudinal di Kabupaten Tangerang

Kamis, 8 Oktober 2009

Terhitung bulan Oktober 2009, CIVAS akan melaksanakan sebuah studi mengenai peternakan itik angon/free-range di Kabupaten Tangerang, Subang, dan Indramayu selama 6 bulan. Studi ini dilaksanakan berdasarkan hasil studi CIVAS bekerjasama dengan FAO tahun 2006 mengenai sistem peternakan itik angon di Indonesia dan menindaklanjuti hasil studi CIVAS bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH-IPB) dan Colorado State University (CSU) pada tahun 2008 mengenai deteksi virus Avian Influenza pada peternakan itik angon di Indonesia.

Studi ini dinamakan Studi Longitudinal Mengenai Avian Influenza pada Peternakan Itik Free-Range di Kabupaten Tangerang, Subang, dan Indramayu. Tujuan dari studi ini adalah untuk memperkirakan persistensi dan durasi shedding virus AI pada itik angon, memperkirakan efisiensi penularan virus AI pada itik angon, mengetahui keberadaan infeksi virus AI selain H5 pada itik angon, dan mempelajari secara lebih spesifik praktik pemeliharaan dan dinamika pergerakan itik angon.

Dalam studi ini 18 peternakan yang tersebar di ketiga kabupaten dipilih untuk diamati selama 6 bulan ke depan. Peternakan-peternakan tersebut dipilih berdasarkan hasil studi tahun 2008 mengenai deteksi virus AI pada peternakan itik angon. Di masing-masing peternakan, ditempatkan 30 ekor itik yang dijadikan sebagai sentinel dan status kesehatan masing-masing itik sentinel akan diikuti secara individual setiap bulannya selama studi berlangsung. Terdapat 3 jenis sampel yang diambil dari itik sentinel, yaitu swab orofaringeal, swab kloaka, dan serum. Semua sampel yang diambil akan diuji di laboratorium virologi kerjasama FKH-IPB dan CSU yang bertempat di FKH-IPB.

Hari Selasa kemarin, 6 Oktober 2009, pengambilan sampel pertama pada 6 peternakan itik di Kabupaten Tangerang telah dilaksanakan. Pelaksanaan pengambilan sampel dilakukan oleh petugas CIVAS dengan didampingi oleh petugas Dinas Peternakan Kabupaten Tangerang. Minggu depan, kegiatan serupa juga akan dilakukan di Kabupaten Subang dan Indramayu. Kegiatan pengambilan sampel akan dilaksanakan di masing-masing kabupaten sekali dalam sebulan selama 6 bulan ke depan. (rie)