www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Sunday, 21 July 2019

Mukernas II PDHI 2009

Kamis, 20 Agustus 2009

Pada tanggal 7 – 9 Agustus 2009 diadakan acara Musyawarah Kerja Nasional II Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (Mukernas II PDHI) di Hotel Maharaja Jakarta. Pada kesempatan ini hadir Pengurus Besar PDHI, Pengurus cabang PDHI seluruh Indonesia, perwakilan delegasi organisasi seminat/sekeahlian/sebidang kerja yang disebut dengan Organisasi Non Teritorial (ONT), Majelis Pendidikan Profesi Kedokteran Hewan (MP2KH), Majelis Kehormatan Perhimpunan dan para undangan lainnya. Adapun tujuan dari Mukernas ini adalah penguatan organisasi profesi terkait dengan UU No. 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sosialisasi berbagai hasil pertemuan MP2KH, persiapan implementasi system registrasi nasional veteriner (STR-V), konsolidasi organisasi dan peningkatan layanan anggota serta persiapan materi kongres XVI tahun 2010.

Pada hari pertama Mukernas, agenda acara meliputi pembukaan dan pengarahan Mukernas oleh Ketua Umum PB PDHI. Setelah itu acara dilanjutkan dengan tema penguatan organisasi, diantaranya adalah membahas isi dari Undang-Undang No. 18 Tahun 2009 mengenai Peternakan dan Kesehatan Hewan. Selanjutnya dibahas pula mengenai kesiapan dokter hewan menghadapai ASEAN Framework Agreement in Services (AFAS) yaitu perjanjian dalam hal jasa layanan yang termasuk dalam hal ini adalah jasa veteriner/kesehatan hewan, kesehatan manusia, turisme, arsitektur, akuntansi dimana persaingan bebas untuk wilayah ASEAN sudah ditandatangani pada pertemuan Menteri-Menteri Ekonomi ASEAN (5th ASEAN SUMMIT) tanggal 15 Desember 1995 di Bangkok. Selain itu untuk penguatan organisasi juga ada pembahasan mengenai peningkatan peran PDHI cabang sebagai pengadvokasi anggota dan suara veteriner di wilayahnya serta menyongsong perwujudan sistem kesehatan hewan nasional (Siskeswanas).

Pada malam harinya agenda acara diteruskan dengan sosialisasi hasil pertemuan MP2KH. Adapun ketetapan MP2KH diantaranya adalah Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Dokter Hewan di Indonesia merupakan pencapaian Standar Kompetensi Dokter Hewan Indonesia berdasarkan Kurikulum Program PPDH yang dikukuhkan dengan Pengambilan Sumpah Dokter Hewan, kemudian Sertifikasi Nasional kompetensi Dokter Hewan selambat-lambat pada tahun 2010.

Keesokan harinya acara diteruskan dengan sosialisasi hasil pertemuan majelis kehormatan perhimpunan mengenai kode etik dan acuan dasar profesi. Setelah itu agenda selanjutnya adalah sharing dan diskusi mengenai keberhasilan memperkuat peran veteriner di daerah antara PDHI cabang yang di sampaikan oleh cabang Lampung dan Jawa Timur serta sharing yang disampaikan oleh ONT Asosiasi Patologi Veteriner Indonesia (APVI) dan juga oleh ONT Asosiasi Dokter Hewan Praktisi Hewan Kecil Indonesia (ADHPHKI).

Kemudian acara dilanjutkan dengan sosialisasi penerbitan buku 100 tahun dokter hewan Indonesia dan peluncuran web site PDHI (www.pdhi-online.org dan www.ivma-pdhi.com) yang disampaikan oleh tim penyusun buku dan yayasan Hemera Zoa. Acara dilanjutkan dengan usulan penyempurnaan AD/ART, perumusan hasil Mukernas II oleh tim perumus dan informasi kesiapan kongres 2010 dan pencalonan tuan rumah kongres 2014 (kriteria kelayakan untuk menjadi tuan rumah).

Pada hari terakhir disampaikan pemaparan mengenai kesejahteraan hewan (kesrawan) oleh drh. Wiwiek Bagja. Setelah itu dilanjutkan pemaparan mengenai flu A H1N1 oleh Dr. drh. Heru Setijanto dari Komnas FBPI dan dengan penutupan.

Tinggalkan Balasan

Mukernas II PDHI 2009

by boghen time to read: 2 min
0