Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Monday, 21 August 2017

Deteksi Virus Avian Influenza (AI) Pada Burung Merpati Balap Di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat

Jumat, 5 Juni 2009

Merpati balap adalah salah satu jenis pemuliaan unggas yang telah lama menjadi bagian dari budaya kehidupan sebagian masyarakat di Indonesia, terutama di wilayah Tasikmalaya. Burung yang memang dipilih dan dilatih untuk menjadi yang paling cepat ini sering dilombakan antar daerah dan propinsi. Dengan masih mewabahnya Flu Burung di Indonesia, aktifitas berkumpulnya burung-burung dari berbagai macam daerah ini memungkinkan terjadinya penularan berbagai macam patogen terutama patogen penyebab Flu Burung.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi adanya virus Flu Burung (H5) pada merpati balap yang banyak dipelihara di wilayah Tasikmalaya. Metode pemeriksaan yang dilakukan adalah dengan menggunakan Reverse Transcypt Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) terhadap usap kloaka dan trakea dari burung merpati balap, dan akan diperiksa terhadap keberadaan virus Flu Burung (H5), dan akan dilakukan di Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH-IPB). Penelitian ini akan dilakukan pada Bulan Juni sampai dengan September 2009.

Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan gambaran tentang penyebaran virus Flu Burung pada pemeliharaan burung merpati balap di Wilayah Tasikmalaya, dan diharapkan dapat dijadikan informasi untuk pengambilan kebijakan dan keputusan dalam penanggulangan penyakit Flu Burung pada burung merpati balap pada khususnya di Wilayah Tasikmalaya.