Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Wednesday, 12 December 2018
seminar-nasional-satwa-liar

Seminar Nasional “Pengaruh Kerusakan Lingkungan Terhadap Pola Migrasi Burung Liar dan Penyebaran Penyakit Hewan oleh Burung Liar di Indonesia”

Selasa, 26 Mei 2009

Pada hari Sabtu, 23 Mei 2009, Himpunan Minat Profesi Satwa Liar Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (Himpro Satli FKH-IPB) mengadakan Seminar Nasional “Pengaruh Kerusakan Lingkungan Terhadap Pola Migrasi Burung Liar dan Penyebaran Penyakit Hewan oleh Burung Liar di Indonesia” dengan CIVAS sebagai salah satu sponsornya.

Seminar tersebut menghadirkan 3 orang pembicara, yaitu Prof. Dr. Ir. Ani Mardiastuti, MSc (Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor), Dewi Elfidasari, SSi, MSi (Fakultas Bioteknologi Universitas Al Azhar Indonesia), dan Joost Philippa, DVM, PhD (Wildlife Conservation Society). Moderator untuk seminar nasional adalah Drh. Albertus Teguh Muljono dari CIVAS.

Pembicara pertama, Prof. Dr. Ir. Ani Mardiastuti membawakan materi berjudul “Pola Migrasi di Indonesia dan Kaitannya dengan Penyebaran Penyakit”. Beliau menjelaskan mengenai pola migrasi burung liar di Indonesia dan pengaruh perubahan fungsi lahan terhadap peningkatan frekuensi kontak antara manusia dan burung liar.

Pembicara kedua, yaitu Dewi Elfidasari, SSi, MSi membawakan materi berjudul “Penyebaran Penyakit oleh Burung Liar di Indonesia”. Beliau memberikan ulasan mengenai Avian Influenza (AI) di Indonesia dan dugaan keterkaitan unggas air dalam penularan AI dari unggas ke manusia. Selain itu, beliau juga memaparkan salah satu studi yang dilakukan bersama dengan Prof. Dr. Drh. Retno D. Soedjoedono, MS dan Dr. Drh. Sri Murtini, MSi dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor dan Drs. Yus Rusila Noor dari Wetlands International pada burung air liar yang menghuni kawasan konservasi Cagar Alam Pulau Dua Serang Propinsi Banten. Studi tersebut menemukan bukti adanya infeksi H5N1 pada burung air liar di kawasan tersebut.

Pembicara ketiga, Joost Philippa, DVM, PhD, membawakan materi berjudul “Burung Migrasi & Penyakitnya (Zoonosis)”. Dalam presentasinya beliau mengulas mengenai beberapa metode untuk menandai dan tracking burung liar serta beberapa penyakit terkait dengan burung liar seperti West Nile Virus, Lyme’s disease, Salmonella, Newcastle disease, dan virus influenza A.

Seminar nasional dihadiri oleh hampir 200 orang peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Univeristas Gajah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Udayana, Universitas Syah Kuala Aceh, dan Universitas Nusa Tenggara Barat; mahasiswa Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, mahasiswa Institut Teknologi Bandung, CIVAS dan lainnya. (rie)