www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Wednesday, 23 October 2019
oh

Sterilisasi Kucing Liar

Senin, 30 Maret 2009

Minggu lalu CIVAS telah berpartisipasi dalam program sterilisasi kucing liar yang diadakan oleh Jakarta Animal Aid Network (JAAN) di Pasar Sunter Kirana pada tanggal 26 Maret 2009 dan Perum Pura Bojong Gede pada tanggal 29 Maret 2009. Dua orang dokter hewan dari CIVAS, yaitu Drh. Erianto Nugroho dan Drh. Riana A Arief telah dikirimkan untuk membantu dalam kegiatan tersebut.

Sebagian besar kucing liar yang disterilisasi dalam program ini ditangkap dan dikumpulkan oleh kontak lokal JAAN di masing-masing lokasi. Kucing-kucing tersebut disterilisasi dan di ear-tipping. Ear-tipping adalah prosedur mengangkat sebagian kecil dari telinga (umumnya ujung salah satu telinga).
Tujuan dari prosedur ini adalah agar kucing dapat secara cepat dan mudah diidentifikasi dari kejauhan sehingga orang-orang dapat secara mudah mengenali kucing-kucing yang telah disterilisasi melalui program ini.

Kucing yangt telah disterilisasi segera dilepaskan begitu mereka sudah cukup kuat dan sadar sepenuhnya. Sebanyak 20 kucing jantan dan 20 kucing betina telah disterilisasi di Pasar Sunter Kirana dan 18 kucing jantan dan 10 kucing betina telah disterilisasi di Perum Pura Bojong Gede.

Tinggalkan Balasan

Sterilisasi Kucing Liar

by boghen time to read: 1 min
0