Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Tuesday, 30 May 2017

Deteksi Avian Influenza pada Lingkungan dan Unggas Yang Datang di TPnA di DKI Jakarta

Senin, 1 Desember 2008

Studi ini merupakan studi lanjutan dari studi CIVAS tahun 2007 di Propinsi DKI Jakarta yang menyatakan bahwa 82,4% Tempat Penampungan Ayam (TPnA) di Propinsi Jakarta terinfeksi AI, namun studi ini belum dapat menjelaskan asal sumber virus AI tersebut. Studi ini merupakan kerjasama antara CIVAS, Wageningen International- Belanda, Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, yang dilaksanakan di 12 TPnA pada bulan Juli – November 2008.

Studi ini bertujuan untuk (1) mendeteksi keberadaan virus AI pada lingkungan dan unggas yang datang ke TPnA, (2) mengetahui frekuensi infeksi AI pada unggas yang datang di TPnA, (3) mengetahui peternakan/daerah asal unggas yang terinfeksi AI yang datang ke TPnA dan (4) mengetahui tingkat penerapan biosekuriti di TPnA dan alat transportasi unggas.

Hasil studi ini menunjukkan hanya 1,38% pengiriman unggas yang terinfeksi virus AI. Hasil yang rendah ini diduga karena studi ini dilaksanakan pada saat musim kemarau, serta sedikitnya pengiriman unggas ke TPnA. Oleh karena itu CIVAS merekomendasikan untuk melakukan studi lanjutan selama satu tahun untuk mengetahui pola kejadian AI berdasarkan musim.