Vets for a Better Life
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Friday, 29 March 2024
srilangka-workshop

Keikutsertaan CIVAS dalam Pelatihan dan Lokakarya Isu Kesehatan Satwa Liar

Rabu, 23 Juli 2008

This post is also available in: English

Fakultas Veterinary Medicine and Animal Science Universitas Peradeniya, Sri Lanka, bersama Centre for Coastal Health, Nanaimo, Canada dan the Canadaian Cooperative Wildlife Health Centre (CCWHC), Saskatoon, Canada, yang merupakan pusat kesehatan satwa liar yang berkolaborasi dengan OIE, telah mengadakan Pelatihan dan Lokakarya mengenai Kesehatan Satwa Liar dalam Bidang Kesehatan Masyarakat, Pertanian dan Konservasi Lingkungan. Pelatihan dan lokakrya tersebut dilaksanakan di Institute of Continuing Education, Departemen Animal Production and Health, pada tanggal 22-24 Juli 2008, di Peradeniya, Sri Lanka.

Pelatihan dan lokakarya tersebut diadakan dengan target peserta utamanya adalah peserta lokal yang bekerja dalam bidang kesehatan masyarakat secara umum, surveilans penyakit hewan, penyakit zoonosis, kesehatan pakan hewan, keamanan pangan, manajemen kesehatan dan konservasi satwa liar, serta pelaporan penyakit hewan dalam kaitan dengan kebijakan internasional. Peserta lokal dari Sri Lanka yang hadir berjumlah 30 orang, berasal dari berbagai instansi pemerintah antara lain Departemen Animal Production and Health, Departemen Zoological Gardens, Departemen Wildlife, Pusat Penampungan Gajah (Elephant Orphanage), Laboratorium Penelitian Veteriner (Veterinary Research Institute), dan Fakultas Veterinary Medicine and Animal Science Universitas Peradeniya. Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan perwakilannya yaitu drh. M.D. Winda Widyastuti, dengan dukungan sponsor dari Veterinarians Without Borders/Veterinaeiris San Frontieres (VWB/VSF), Canada. Peserta lain dari luar Sri Lanka yang juga hadir atas dukungan dari VWB/VSF adalah Prof. Dr. Parntep Ratanakorn (Fakultas Veterinary Science, Universitas Mahidol, Thailand) dan Dr. Pongpon Homkon (Elephant Hospital, Lampang, Thailand).

Pelatihan dan lokakarya yang diadakan merupakan bagian dari program peningkatan kapasitas sumber daya yang diinisiasi dibawah proyek Teasdale Corti. Proyek yang dipimpin oleh Craig Stephen, DVM, PhD (Direktur Center for Coastal Health, Universitas Calgary, Canada) tersebut mengangkat tema umum “Kesehatan Masyarakat Veteriner sebagai bagian dari Respon Global terhadap Emerging Disease“. Serangkain kegiatan pelatihan dan lokakarya juga telah diadakan sebelumnya dengan melibatkan departemen kesehatan dan universitas yang mempunyai fakultas kesehatan masyarakat. Selanjutnya, terkait dengan konsep ekologi dan konsep pengobatan sebagai satu kesatuan (One World One Medicine Concept), dan didukung kondisi biodiversitas Sri Lanka yang sangat kaya serta adanya beberapa kasus penyakit zoonosis yang belum dapat diberantas sampai sekarang, maka pelatihan dan lokakarya tersebut dilaksanakan.

Pelatihan dan lokakarya yang berlangsung selama tiga hari tersebut menampilkan serangkaian pemaparan dari pembicara-pembicara pada hari pertama dan ketiga, sedangkan hari kedua diisi dengan penugasan dan diskusi kelompok. Pemaparan hari pertama disampaikan oleh Frederick A. Leighton, DVM, PhD (CCWHC) dan Craig Stephen, DVM, PhD. Topik yang dipaparkan meliputi: Kepentingan Sosial, Ekonomi dan Ekologi dari Agen Pathogen pada Hewan Liar/Satwa Liar, Elemen dari Ekologi Penyakit, Pengukuran Penyakit, Komponen dari Program Nasional Kesehatan Satwa Liar dan Intervensi Penanganan Penyakit Satwa Liar.

Pemaparan hari ketiga disampaikan oleh para pembicara dari Sri Lanka yang menjelaskan keanekaragaman dan konservasi flora dan fauna di Sri Lanka, aktifitas-aktifitas yang dilakukan seperti pelaksanaan surveilans avian influenza pada burung liar, surveilans pada gajah dan persiapan yang dilakukan terhadap penyakit-penyakit eksotik. Penugasan dan diskusi kelompok pada hari kedua dilaksanakan dengan pemberian berbagai topik diskusi seperti pembuatan program surveilans pada Rinderpest dan avian influenza. Satu kelompok diskusi terdiri dari peserta dari Sri Lanka, Indonesia dan Thailand. Pada kelompok ini dilakukan pertukaran informasi kegiatan yang dilaksanakan di negara masing-masing yang diharapkan dapat berguna sebagai pembanding dan masukan bagi masing-masing negara.***

Tinggalkan Balasan

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.

Keikutsertaan CIVAS dalam Pelatihan dan Lokakarya Isu Kesehatan Satwa Liar

by boghen time to read: 2 min
0