www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 18 July 2019
Guelph_with_CIVAS

Kunjungan Global Vets ke Indonesia

Senin, 7 Juli 2008

Seperti tahun sebelumnya (2007), tahun ini CIVAS kembali kedatangan teman-teman mahasiswa dari Ontario Veterinary College, University of Guelph Canada. Mereka adalah, Melanie Youngs, Tiffany Trish Marchildon dan Leung Zee Dick yang tergabung dalam Global Vets 2008. Global Vets itu sendiri merupakan suatu program yang dibuat oleh Ontario Veterinary College yang ditawarkan kepada mahasiswanya dalam untuk melakukan kegiatan investigasi kesehatan hewan di negara-negara berkembang.

Program ini dimulai sejak tahun 1997 oleh dua orang mahasiswa Ontario Veterinary College tahun kedua yang berbasis pada suatu program yang disebut Defi Vet-Monde di Faculte de Medecine Veterinaire, University of Montreal Canada. Melanie dan kawan-kawan berada di Indonesia ini selama dua minggu sejak tanggal 22 Juni sampai 6 Juli 2008.

Negara-negara berkembang yang dituju oleh mahasiswa Global Vets ini adalah Amerika tengah, Afrika Timur, Afrika Selatan dan Asia Tenggara. Salah satu Negara Asia Tenggara yang dikunjungi adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri, mereka bekerjasama dengan Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) dalam mempelajari avian influenza (AI). Untuk tujuan ini, maka CIVAS mencoba melibatkan mereka ke dalam beberapa kunjungan yang dapat membantu mereka untuk mendalami persoalan AI di Indonesia umumnya dengan kota Bogor, Sukabumi dan Jakarta sebagai representative.

Beberapa tempat yang mereka kunjungi adalah PT. Ayam Manggis Farm (broiler dan layer farm), PT. Anthony Farm (layer commercial farm), Kelompok Peternak Ayam Kampung Sukabumi (KEPRAKS), tempat-tempat penampungan ayam di kota Bogor dan Jakarta dan rumah potong ayam (RPA) PT. Japfa Group di Parung, Bogor. Tidak hanya tempat-tempat yang telah disebutkan sebelumnya, CIVAS juga mengajak mereka untuk melihat kegiatan lainnya dengan mengunjungi Balai Pengembangan Perbibitan Ternak Sapi Perah Cikole-Lembang, klinik hewan kecil (Piet Animal Clinic) di Sentul, Pameran Indo Livestock di Jakarta Convention Center, Pusat Penyelamatan Satwa Tegal Alur Jakarta Barat, Taman Safari dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) serta Rumah Sakit Hewan (RSH) IPB dimana CIVAS bekerjasama dengan teman-teman mahasiswa FKH IPB yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Veterinary English Club (VEC), Himpunan Minat dan Profesi Hewan Kesayangan, Satwa Liar dan Akuatik (HKSA) dan mahasiswa berprestasi FKH IPB. Di FKH ini mereka saling berdiskusi dan bertukar informasi mengenai apa saja yang mereka pelajari di Ontario Veterinary College, University of Guelph Canada dan FKH IPB.

Hari terakhir Global Vets ini diisi dengan presentasi kegiatan yang telah mereka ikuti selama dua minggu dan juga mengulang kembali presentasi mereka mengenai Ontario Veterinary College dan program Global Vets. Selain itu, mereka juga mempresentasikan mengenai perkembangan perunggasan dan ternak sapi perah di negaranya. Melanie dan kawan-kawan juga mengungkapkan keinginannya agar Global Vets tahun depan masih bisa bekerjasama kembali dengan CIVAS dengan pendalaman program kesehatan lainnya selain AI.

Tinggalkan Balasan

Kunjungan Global Vets ke Indonesia

by boghen time to read: 2 min
0