www.civas.net
Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Tuesday, 20 August 2019
coordinator_WVD

Peringatan World Veterinary Day 2008

Jumat, 25 April 2008

Setiap Sabtu terakhir di bulan April beberapa negara mengadakan peringatan hari veteriner dunia. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap dokter hewan akan perannya dalam menjaga kesehatan hewan dan keamanan produk asal hewan serta melindungi dunia dari ancaman zoonosis. Kegiatan ini pertama kali diinisiasi oleh World Veterinary Association (WVA). Tahun ini peringatan world veterinary day diadakan pada tanggal 26 April 2008.

Di Jakarta, bertempat di Bundaran Hotel Indonesia dan Patung Kuda sekitar 120 masa yang terdiri dari dokter hewan dan mahasiswa kedokteran hewan mengadakan aksi simpatik berupa pembagian material informasi (leaflet, pembatas buku), origami dan bunga kepada masyarakat yang melintasi Bundaran Hotel Indonesia dan Patung Kuda. Selain itu kegiatan juga diisi dengan theatrical yang berisi pesan kepada masyarakat mengenai peran dokter hewan. Kegiatan aksi simpatik ini menyoroti tentang permasalahan-permasalahan seputar keamanan pangan asal hewan, ancaman zoonosis dan perlunya kelembagaan dan legislasi yang secara spesifik mengatur kewenangan dokter hewan. Tema yang diangkat tahun ini adalah Bersama Dokter Hewan Wujudkan Hewan Sehat, Pangan Sehat dan Manusia Sehat Sejahtera. Peringatan world veterinary day kali ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS), Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (IMAKAHI) dan Kelembagaan Mahasiswa Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (KM FKH IPB). Kegiatan aksi simpatik ini ditutup dengan pembacaan press release. Dalam press release para dokter hewan mengajak segenap komponen bangsa Indonesia untuk bersama-sama;

  1. Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hewan.
  2. Meningkatkan jaminan keamanan pangan asal hewan seperti susu, telur, dan daging.
  3. Mendukung program ketahanan pangan dalam meningkatkan asupan protein hewani yang bermutu bagi masyarakat, khususnya generasi muda, dalam mewujudkan bangsa yang sehat dan cerdas.
  4. Membantu dalam penanganan masalah zoonosis.
  5. Mendukung terciptanya kelembagaan dan payung hukum yang mengatur dan menjamin kewenangan dokter hewan.

Selain di Jakarta, peringatan world veterinary day juga diadakan di Yogyakarta dan Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Peringatan World Veterinary Day 2008

by boghen time to read: 1 min
0