Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Sunday, 30 April 2017
epicourse

Lokakarya Pelatihan Epidemiologi Avian Influenza Di Indonesia

Jumat, 7 Desember 2007

Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), Colorado State University, Departemen Pertanian Republik Indonesia, Association for Veterinary Epidemiology and Preventive Medicine (AVEPM), dan Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) mengadakan serangkaian (6 sesi) Lokakarya Pelatihan Epidemiologi Avian Influenza di Indonesia.

Lokakarya pelatihan tersebut dirancang untuk menunjukkan kepada staf kesehatan hewan peran dari peraturan internasional dan epidemiologi veteriner dalam program kesehatan hewan nasional dan perlindungan populasi manusia dan hewan dari penyakit. Selain itu, lokakarya tersebut juga bertujuan melatih petugas kesehatan hewan pemerintah dan swasta dan dokter hewan dalam melaksanakan penyidikan penyakit hewan yang mencakup pengambilan sampel, pengkajian sumber-sumber potensial bagi masuknya penyakit, pengumpulan catatan dan data yang relevan bagi penyidikan penyakit, dan penggunaan tindakan pencegahan dan pengendalian yang tepat.

Lokakarya pelatihan dilaksanakan selama 10 hari, terdiri dari enam hari pemberian materi dalam kelas dan empat hari pengerjaan latihan dan simulasi wabah. Lokakarya pelatihan ini telah dilaksanakan di Tangerang, Medan, Surabaya, Bali, dan Makassar. Lokakarya berikutnya akan yang akan dilaksanakan adalah di Bandar Lampung dan lokakarya pelatihan tingkat nasional di Jakarta.

Peserta utama dari lokakarya pelatihan ini adalah dokter hewan pemerintah dan dokter hewan lapang atau swasta yang terlibat secara langsung dengan industri perunggasan di lapangan. Peserta tambahan adalah dari akademisi yang terlibat dalam kegiatan epidemiologis, mereka yang terlibat dalam kegiatan pencegahan, pengendalian, dan pemberantasan HPAI juga diundang untuk menghadiri lokakarya pelatihan ini dan mereka berasal dari seluruh Indonesia. Lokakarya pelatihan ini dibimbing oleh M. D. Salman BVMS, MPVM, PhD, DACVPM, FACE (Professor of Veterinary Epidemiology) dari Colorado State University, Ian A. Gardner, BVSc, MPVM, PhD (Professor of Epidemiology, Department of Medicine and Epidemiology) dari California University, Kristy Pabilonia, DVM, MS (Assistant Professor, Avian Disease Diagnostic Veterinarian) dari Colorado State University, Manon Schuppers, MSc (Research Associate) dari SAFOSO Switzerland, Barbara Corso, DVM, MS, DACVPM (Veterinary Epidemiologist) dari USDA-APHIS dan L. Mia Kim, DVM, MS, PhD (Research Associate) dari USDA.

Di awal pelatihan, panitia mengadakan pretest untuk mengevaluasi pengetahuan dasar peserta dan posttest untuk mengevaluasi perkembangan mereka. Sebagai hasilnya, pada akhir lokakarya pelatihan, distribusi jawaban posttest menunjukkan bahwa peserta telah mengalami kemajuan dalam pemahaman mereka mengenai epidemiologi AI. Untuk mengimplementasikan pengetahuan mereka di lapangan, baru-baru ini beberapa peserta telah menyusun rencana aksi dan akan menghadiri lokakarya pelatihan tingkat nasional di Jakarta untuk mempresentasikan rencana aksi tersebut.

Harapan dari lokakarya terakhir di Jakarta adalah untuk memastikan bahwa para dokter hewan melaksanakan rencana aksinya tersebut dan mengatasi masalah AI di Indonesia. Pelaksanaan rencana aksi akan didanai oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).