Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Wednesday, 28 June 2017
poultry_restruct

Diskusi Restrukturisasi Industri Perunggasan IMAKAHI – CIVAS

Minggu, 15 Juli 2007

Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (IMAKAHI) bekerja sama dengan Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) mengadakan diskusi dengan fokus pada pemeliharaan unggas lokal di daerah pemukiman terkait dengan pengendalian flu burung. Pembicara yang hadir adalah Dr Tri Satya Putri Naipospos (Ketua Badan Pengurus CIVAS) dan Dr Muladno (Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor). Moderator diskusi adalah Iwan Berri Prima (Presiden IMAKAHI). Diskusi secara resmi dibuka oleh Dr I Wayan Teguh Wibawan (Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB). Diharapkan diskusi ini akan menghasilkan solusi bagi penanggulangan risiko flu burung di Indonesia.

Beliau juga menyebutkan bahwa diskusi ini diinisiasi oleh sekelompok orang sebagai bagian dari masyarakat perunggasan di Indonesia yang berpendapat bahwa usaha pemerintah lokal dalam melarang pemeliharaan ayam kampung (sektor 4) di daerah pemukiman harus dilaksanakan secara hati-hati.

Kebijakan pelarangan harus diadopsi dengan mempertimbangkan semua faktor relevan seperti politik, ekonomi, sosial, maupun budaya masyarakat Indonesia. Di sisi lain sebaiknya tidak menghambat kebutuhan masyarakat miskin untuk memperoleh daging unggas sebagai sumber protein hewan paling murah yang mampu mereka beli.

Kegiatan ini dihadiri oleh Drh Bachtiar Moerad (Ketua Asosiasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Indonesia/ASKESMAVETI), Drh Maradoli Hutasuhut (Direktorat Ternak Non Ruminansia, Departemen Pertanian), Drh Sri Mukartini (Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner, Departemen Pertanian), Drh Hardi (Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor), Drh Michael Indra (PT Cheil Jedang Superfeed) dan lainnya. Sebagian besar peserta merupakan mahasiswa dan dosen Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor.