Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Sunday, 24 September 2017

Monitoring sirkulasi virus di Tempat Penampungan Ayam (TPnA) dan Tempat Pemotongan Ayam (TPA)

Senin, 1 Januari 2007

Pengambilan sampel secara teratur di tempat penampungan ayam (TPnA) dan tempat pemotongan ayam (TPA) adalah salah satu rangkaian dari studi Field Trial Vaccination. Studi ini bertujuan melihat penyebaran virus dan sirkulasi virus khususnya pada TPnA dan TPA. Studi ini dilakukan selama 90 hari yang dimulai dari tanggal 4 September 2006 dan berakhir tanggal 5 Desember 2006.

Pengambilan sampel secara teratur di tempat penampungan ayam (TPnA) dan tempat pemotongan ayam (TPA) ini dilakukan pada enam TPnA yang terdiri dari satu TPnA ayam kampung dan lima TPnA ayam ras pedaging, keenam TPnA tersebut tersebar di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Cicurug, Kecamatan Kebon Pedes, dan Kecamatan Cikembar.

Pada TPnA tersebut akan disimpan tujuh ekor ayam sentinel untuk setiap TPnA. Sampel akan dikoleksi dari ayam sentinel tersebut untuk melihat sirkulasi virus AI di TPnA. Adapun jadwal pengambilan sampel pada sentinel di TPnA adalah sebagai berikut :

  • Sampel serum diambil pada hari ke-0, 15, 30, 45, 60, 75 dan 90
  • Sampel berupa usapan kloaka dan trakea dilakukan untuk sentinel yang sakit, mati dan diakhir periode studi (hari ke-90)

Sampel yang diambil berupa serum diperiksa di BPPHK (Balai Penyidikan Penyakit Hewan dan Kesmavet), Cikole. Bandung dan usapan kloaka dan trakea dilakukan di Lab Virologi BBALITVET, Bogor. Seluruh hasil serologis maupun usapan trakea / kloaka menunjukkan hasil negatif sehingga dapat dinyatakan bahwa semua TPnA dan TPA yang diamati bebas dari sirkulasi virus AI.