Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies
Thursday, 14 December 2017
civas_anniv1_1

Ulang Tahun CIVAS Pertama: Seminar Nasional Kesehatan Hewan

Minggu, 26 November 2006

Dalam era globalisasi dan perdagangan bebas, Indonesia harus mempersiapkan diri dan mengantisipasi segala dinamika perubahan, mampu bersaing di tingkat internasional, serta dapat menekan seminimal mungkin dampak negatif terhadap bangsa, negara dan sumberdaya alam. Beberapa dekade terakhir ini, Indonesia menghadapi banyak permasalahan di bidang kesehatan hewan. Walaupun Indonesia telah berhasil memberantas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada tahun 1986, akan tetapi beberapa penyakit hewan lain yang baru muncul (emerging disease) di Indonesia seperti classical swine fever (hog cholera) dan avian influenza (AI), serta penyakit baru yang kembali muncul (re-emerging disease) antara lain anthrax, rabies, brucellosis menunjukan bahwa penyakit hewan tersebut belum tertangani secara sistematis dan integratif. Hal ini merupakan bukti masih lemahnya sistem kesehatan hewan nasional.

Selanjutnya beberapa masalah kesehatan hewan yang menjadi tantangan kedepan bagi Indonesia antara lain yaitu adanya ancaman masuknya bovine spongioform encephalopathie (BSE), PMK dan virus Nipah.

civas_anniv1_2CIVAS (Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies) sebagai satu-satunya LSM khusus bidang kedokteran hewan (veteriner) menaruh kepedulian dan perhatian yang sangat tinggi terhadap pembangunan kesehatan hewan di Indonesia. CIVAS akan menyelenggarakan Seminar Nasional Kesehatan Hewan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi serta memberikan solusi alternatif terhadap permasalahan di bidang kesehatan hewan baik yang sedang dihadapi maupun yang akan dihadapi

Seminar ini bertujuan untuk :

  1. Mengevaluasi dan mengidentifikasi masalah dan tantangan dibidang kesehatan hewan.
  2. Mencari dan merancang beberapa alternatif solusi terhadap permasalahan yang diidentifikasi.
  3. Merekomendasikan kepada otoritas kompeten tentang kebijakan yang dapat mendorong terciptanya kesehatan hewan yang kuat.
  4. Memberikan masukan dalam perencanaan, penyusunan dan implementasi sistem kesehatan hewan nasional di Indonesia.

Peserta berasal dari para dokter hewan di instansi pemerintah, Asosiasi/Himpunan Profesi, Lembaga Swadaya Masyarakat, Praktisi, Dosen, peneliti dan mahasiswa serta peserta umum.

Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 25 Nopember 2006, bertempat di ruang seminar Gedung Alumni IPB, Baranangsiang, Bogor.

Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati ulang tahun CIVAS yang pertama.